Google

Monday, January 14, 2008

Tahukah Anda?


Terjadi Percepatan Mencairnya Lapisan Es


By Brigitta Isworo


Pada tahun 2006 terjadi percepatan terjadinya gletser di wilayah Antartika, mencapai sekitar 192 miliar ton lapisan es.

Pemanasan global mengakibatkan hilangnya lapisan es sebanyak 75 persen dalam 10 tahun terakhir. Demikian hasil dari penelitian yang amat cermat yang dilakukan di wilayah tersebut.

Penelitian tersebut dilakukan para ahli dari lima negara yang dipimpin oleh Eric Rignot dari Jet Propulsion Laboratory Badan Antariksa dan Ruang Angkasa Nasional (NASA) Amerika Serikat. Mereka menggunakan radar interferometri dari empat buah satelit untuk mendapatkan citra dari periferi (perbatasan pinggiran) Antartika.

Sementara itu, di bagian Antartika Barat telah terjadi kehilangan lapisan es sebanyak 132 miliar ton, sementara Semenanjung Antartika yang merupakan ujung daratan ke arah Amerika Selatan telah kehilangan lapisan esnya sebanyak kira-kira 60 ton.

Akan tetapi, sebaliknya terjadi di wilayah Antartika Timur, mencairnya lapisan es "nyaris nol". Di wilayah ini terdapat lapisan es terbesar di dunia.

Penelitian ini bertujuan mencari tingkat kecepatan terjadinya gletser yang menggeser lapisan es ke pantai dari lapisan padat es yang menutupi lapisan dasar daratan (bedrock) Antartika.

Mereka berhasil mendapatkan citra, sekitar 85 persen dari garis pantai Antartika. Sebagian data disuplai oleh satelit bumi pengindraan jauh (ERS) milik Badan Ruang Angkasa Eropa (ESA), Radarsat-1 Kanada, dan satelit milik Jepang, Advanced Land Observing (ALO).

"Sepanjang waktu penelitian kami, lapisan es secara keseluruhan telah kehilangan massa. Massa yang hilang meningkat menjadi 75 persen dalam 10 tahun terakhir," demikian tercantum dalam laporan penelitian yang termuat di jurnal ilmiah Nature Geoscience. Cairnya 192 ton lapisan es itu ekuivalen dengan kenaikan muka air laut 0,5 milimeter. (AFP/isw)

Sumber : "Terjadi Percepatan Mencairnya Lapisan Es" , Harian Kompas, Senin, 14 Januari 2008