Google

Tuesday, January 22, 2008

Dibalik Kerjasama IBM dan Kalbe di Bidang "Green Data Center"

Topic : Business

By Ari Satriyo Wibowo

IBM akan membantu Kalbe mengkonsolidasikan lima data center Kalbe dari sejumlah 13 data center yang dimiliki Kalbe sebagai tahap awal yang akan membantu Kalbe menghemat biaya dan ruang untuk sistem TI-nya. Hal itu disampaikan pada acara penandatanganan Building Ecofriendly Data Center Fasility Kalbe/IBM di Hotel Shangri-La Jakarta hari ini. Dari pihak IBM diwakili Presiden Direktur PT IBM Indonesia Suryo Suwignjo dan dari Kalbe Farma diwakili Vidjongtius, Director Kalbe.

Selain pembangunan data center, IBM juga akan menyediakan strategi data center, desain data center, pengintegrasian server dan penyimpanan, perencanaan relokasi, pengelolaan proyek, alihdaya peralatan infrastruktur, layanan dan pengelolaan instalasi, pengujian data center serta pengelolaan awal, yang akan dibangun pada lahan seluas 470.00 m2 .

"Solusi IBM akan membantu Kalbe di tiga bidang sekaligus yakni Financial, Operational dan Environmental ," ujar Country Manager IBM Global Technology Services, Hengki Kastono.

Menurut Hengki, kerja sama ini untuk memenuhi kebutuhan teknologi Kalbe Farma sejalan dengan rencana ekspansi bisnisnya dan secara bersamaan menjadi lebih peduli lingkungan dengan menghemat energi atau efisiensi dalam pengimplementasiannya.

"Green Data Center" yang ditawarkan IBM merupakan salah satu upaya perusahaan itu untuk mengurangi dampak pemanasan global. Perlu diketahui di AS saja konsumsi listrik untuk keperluan data centre pada 2005 telah mencapai 45 miliar Kwh. Sementara itu, kebutuhan ruang telah meningkat menjadi 10 -100 kali lipat gedung biasa. Dalam lima tahun mendatang jumlahnya akan berlipat dua. Jika hal itu dibiarkan tanpa melakukan upaya efiensi yang tepat maka data center di dunia ini akan mampu menjadi salah satu penyumbang bagi pemanasan global yang signifikan.

Ada lima hal pokok yang dilakukan IBM di Data Center Kalbe yaitu :

1. Data Center Consolidation and Relocation
2. Scability Design
3. Efective Air Flow Cooling
4. Environmental Friendly
5. Data Centre Operation through Command Centre

Solusi IBM Data Center mengintegrasikan daya, pendinginan rak, pengelolaan, layanan dan keamanan, sehingga memungkinkan berbagai komponen terstandar untuk menciptakan sebuah solusi melalui konfigurasi modular. Dengan menggunakan komponen-komponen terstandar, arsitektur dapat secara mudah diskalakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berubah-ubah.

Dalam hal teknologi, IBM menggunakan teknologi sistem pendingin dari Emerson sementara dalam hal sistem jaringan digunakan teknologi dari Cisco.

IBM memiliki pengalaman yang luas dalam mengimplementasikan seluruh solusi dalam waktu yang sangat singkat yaitu 8 hingga 24 minggu jika dibandingkan dengan waktu normalnya di industri yaitu 40 minggu.

“Diharapkan pada Juni 2008 seluruh implementasi di Data Centre Kalbe sudah dapat tuntas,” ujar Vidjongtius, Director, Kalbe.

Bagaimana pendapat Anda?