Google

Friday, January 4, 2008

Tahukah Anda?




Mesenchymal Stem Cell (MSC)

Mesenchymal Stem Cells atau MSC adalah multipotent stem cells yang dapat diferensiasi ke pelbagai jenis sel lainnya. Jenis sel MSC bisa didiferensiasi melalui cara in vitro maupun in vivo antara lain osteoblast, chondrocytes, myocytes, adipocytes dan beta pancreatic islets cells. Sel-sel itu juga bisa dideferensiasi menjadi neuronal cells.

Oleh karena istilah Mesenchymal Stem Cell dan Marrow Stromal Cell sering saling dipertukarkan, maka perlu dijelaskan beberapa perbedaan sebagai berikut :
Mesenchyme adalah embryonic connective tissue yang diturunkan dari mesoderm dan didiferensiasi menjadi hematopoietic dan connective tissue, sementara MSCs tidak didiferensiasi menjadi hematopoietic cells.

Stromal cells adalah connective tissue cells yang membentuk struktur pendukung di mana sel fungsional dari jaringan bertempat tinggal. Meski istilah ini cukup akurat untuk mendefinisikan salah satu fungsi MSC tetapi istilah ini gagal menyatakan peran terbaru MSC dalam memperbaiki jaringan.

Karena sel-sel yang disebut MSC oleh banyak laboratorium dapat bermakna multipotent cell yang diturunkan dari jaringan lain yang termasuk yang berasal dari non marrow seperti adult muscle side population cells atau Wharton’s jelly yang terdapat dalam umbilical cord yang tidak mewakili keseluruhan organ tubuh maka istilah Multipotent Stromal Cell diusulkan untuk menggantikan istilah Mesenchymal Stem Cells.

Sumber : Wikipedia