Google

Friday, January 11, 2008

Menuai Laba dengan Menulis Topik Favorit Sambil Beramal Bersama Squidoo



Topic : Business

By Ari Satriyo Wibowo


Ada satu lagi situs bagi mereka yang kreatif dan suka menulis. Squidoo.com adalah sebuah situs mudah yang disediakan bagi siapa saja secara gratis dalam bentuk satu halaman tunggal tentang topik apa saja yang paling dikuasai seseorang. Hal itu berdasarkan keyakinan pemilik situs tersebut bahwa setiap orang dikarunia bakat unik.

Topik yang dipilih dalam Squidoo disebut sebagai lensa (lenses). Lensa bisa tentang apa saja, baik berupa sudut pandang seseorang, rekomendasi maupun kepakaran yang dimiliki seseorang. Misalnya, ide, orang atau tempat, hobi dan olahraga, hewan peliharaan atau produk, falsafah, dan politik.

Isi halaman ”lensa” tersebut dengan tulisan berdasarkan topik yang paling disukai dan dikuasai sesuai hobi masing-masing. Misalnya, ”Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Merokok”, ” Petunjuk Praktis Mendaki Gunung di Daerah Tropis”, ”Beberapa Teknik Gampang Membatik”, ”Bagaimana Memelihara Belut Raksasa Jinak dari Maluku”, ”Mengenal Adat Suku Laut” atau ”Wisata Kuliner di Berbagai Daerah Indonesia”. Sebaiknya halaman lensa tersebut ditulis dalam bahasa Inggris agar pengunjungnya lebih banyak. Lensa atau topik yang ditulis juga bisa lebih dari satu.

Setiap halaman lensa dapat menampilkan foto-foto dari Flikcr, peta dari Google Maps, video dari YouTube, link dari eBay dan lain sebagainya.

Lalu apa untungnya membuat tulisan dengan topik-topik di atas ? Bagi halaman tulisan yang beruntung memperoleh iklan maka pendapatan iklannya dapat menjadi penghasilan bagi yang mengisi halaman (Lensmaster) itu sekaligus sebagai kegiatan amal. Misalnya, ditetapkan bahwa 50% penghasilan iklan bagi penulis konten, 25 % untuk disalurkan ke badan amal yang dikelola Squidoo dan 25 % lainnya disumbangkan kepada Palang Merah Internasional.

Dengan demikian pemilik konten (Lensmaster) dapat memiliki penghasilan dari kegiatan menulis yang sesuai bakat atau kegemarannya sekaligus beramal.

Situs Sqidoo mulai beroperasi Oktober 2005 dan memiliki markas besar di Irvington, New York, AS. Pemilik situs ini adalah pengarang buku manajemen, pembicara manajemen sekaligus blogger terkenal Seth Godin.

Bagaimana pendapat Anda?