Google

Wednesday, January 9, 2008

Tahukah Anda ?


Bagian Pantai Kota San Francisco Akan Tenggelam Ketika Pemukaan Laut Naik


Efek Pemanasan Global Terhadap Permukaan Laut

Ketika atmosfer menghangat lapisan permukaan lautan juga akan menghangat sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tingkat permukaan laut. Peningkatan tinggi muka air laut 30% berasal dari pencairan es dan sisanya berasal dari pemuaian air akibat peningkatan temperatur.

Pemanasan global juga akan mencairkan banyak es di kutub, terutama sekitar Greenland sehingga memperbanyak volume air laut. Tinggi muka laut diselurug dunia telah meningkat 10-25 cm selama abad 20. Apabila separuh es di Greenland dan Antartika meleleh maka terjadi kenaikan permukaan air laut di dunia rata-rata setinggi 6-7 meter. Tinggi kenaikan rata-rata permukaan laut diukur dari daerah dengan lingkungan yang stabil secara geologi.

Perubahan tinggi permukaan laut akan sangat mempengaruhi kehidupan di daerah pantai. Hal ini dapat dilihat dari contoh sebagai berikut :

1. Apabila kenaikan permukaan laut 100 cm maka akan menenggelamkan 6 % daerah di Belanda, 17,5 % daerah di Bangladesh dan banyak pulau-pulau hilang. Demikian juga akan terjadinya erosi dari tebing dari tebing, pantai, dan bukit pasir akan meningkat.
2. Apabila kenaikan air laut mencapai muara sungai, banjir akibat air pasang pun akan meningkat di daratan.
3. Apabila kenaikan air laut sedikit saja, pengaruhnya akan cepat terlihat pada ekosistem pantai. Rawa-rawa pantai yang telah ada akan tenggelam dan akan terbentuk rawa-rawa baru.

Dengan kejadian di atas maka negara-negara kaya akan menghabiskan dana yang sangat besar untuk melindungi daerah pantainya. Namun, tidak demikian dengan negara-negara miskin yang tidak mempunyai cadangan dana. Negara miskin mungkin hanya dapat melakukan evakuasi dari daerah pantai ke tempat yang lebih tinggi. Lalu. Siapa yang yang menangung beban ini ? Tentu masyarakat itu sendiri karena pemerintah tentu tidak mungkin punya dana untuk memindahkan kota Jakarta, misalnya.

Sumber : Gatut Suisanto dan Hari Sutjahjo, “Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global”, PenebarPlus, Jakarta, 2007