Google

Tuesday, January 15, 2008

Regeneratif Sebagai Pilar Kelima Kedokteran Akan Diseminarkan

Topic : Academic

By Ari Satriyo Wibowo

Dr. Doddy P. Partomihardjo, Ketua Iluni FKUI Periode 2005-2010, berencana menyelenggarakan Seminar Imu Kedokteran Regeneratif pada bulan Agustus mendatang. Menurut Doddy Regeneratif merupakan pilar kelima dalam ilmu kedokteran setelah kuratif, preventif, promotif dan rehabilitatif.

Seminar tersebut akan dibuat dalam skala besar dengan menampilkan pakar-pakar dari dalam dan luar negeri. Mengingat pentingnya Ilmu Kedokteran Regeneratif yang di dalamnya menyangkut riset tentang sel punca (stem cell) dan untuk menunjukkan dukungan penuh pemerintah,” Bila perlu seminar tersebut nantinya dibuka oleh Presiden atau Wakil Presiden RI, “ ujarnya.

Doddy menempuh pendidikan di FKUI tahun 1961 dan lulus tahun 1968. Selanjutnya ia sempat mengambil spesialis mata yang sayangnya tak pernah dipraktikkannya karena kesibukannya sebagai eksekutif di PT Unilever Indonesia.

Kini setelah pensiun dan dalam posisinya sebagai Ketua Iluni FKUI ia aktif membimbing adik-adiknya para mahasiswa FKUI melobi dunia usaha untuk menjalin kerjasama dalam kerangka ABG (Academic, Business, Government) dengan berbagai proposal.

Bulan September 2008 nanti mahasiswa FKUI angkatan 2002 yang akan lulus ada 176 orang. “Dari lulusan sejumlah itu terdapat 60 mahasiswa yang meraih predikat cum laude,” paparnya dengan bangga.

Bagaimana pendapat Anda ?