Google

Wednesday, January 30, 2008

Mau Kemana Orang Tua yang Ingin Sehat ?

Topic : Academic - Government

Hidup di usia lanjut itu pada dasarnya bagaimana caranya agar bisa hidup sehat. Health is not everything, but without health everything is nothing. Kesehatan bukan segala-galanya tetapi tanpa kesehatan segala-galanya tidak ada artinya. Demikian kata-kata itu dikutip Titus Kurniadi.

Titus Kurniadi adalah Ketua Umum Lembaga Lanjut Usia Indonesia, suatu lembaga ang menghimpun dan menaungi semua organisasi usia lanjut di Indonesia yang skalanya nasional. Lebih 60 organisasi lanjut usia berhimpun di dalamnya.

Menurut Dr. Dr. Ch. Heriawan Soejono, SpPD, Kger, Mepid pada tahun 2005 terdapat sekitar 16,44 juta kaum lanjut usia yang berumur di atas 60 tahun atau sekitar 8,15 persen dari populasi penduduk Indonesia. Pada tahun 2010 jumahnya akan meningkat menjadi 19 juta orang. Dr. Doddy Partomihardjo memperkirakan dari 16 juta orang lanjut usia itu hanya 1 persen atau sekitar 160. 000 orang saja yang dalam kondisi mampu dan menikmati hari tua sementara sisanya dalam kondisi papa serta tidak memiliki penghasilan yang memadai.

Titus Kurniadi adalah Ketua Umum Lembaga Lanjut Usia Indonesia, suatu lembaga yang menghimpun dan menaungi semua organisasi usia lanjut di Indonesia yang skalanya nasional. Lebih 60 organisasi lanjut usia berhimpun di dalamnya.

Orang tua yang sakit makin banyak bahkan tidak usah tunggu tua masih mudapun sekarang sudah pada sakit. Jadi artinya dalam hidup kita ada yang salah. Kalau semua berjalan dengan baik orang akan akan menjadi makin sehat. Tetapi sekarang orang umurnya makin panjang makin sakit.

Seorang dokter terkenal mengatakan bahwa kalau orang usia 65 tahun ke atas punya dua macam penyakit sudah harus sangat bersyukur. Karena sepantasnya penyakitnya lebih dari 2 macam.

Ia menekanankan betapa pentingnya hidup sehat. Sekarang ini, menurut Titus, tidak ada orang bicara hidup sehat. Semua orang menempuh jalannya sendiri-sendiri. Ada suplemen tinggal makan. Padahal jumlahnya di pasar ada ribuan macam.

Sekarang ini orang mau sehat tidak tahu harus kemana? Ke RS tidak bisa karena Rumah Sakit itu untuk orang sakit. ”Kami orang tua ingin sehat dan kami ingin lebih sehat. Jadi kami bisanya pergi ke pusat kebugaran (fitness centre),” kata Titus.

Di tempat itu Titus dan kawan-kawannya didatangi para penjual suplemen makanan. ”Kami percaya dan kami beli-beli saja. Kami juga ditawari terapi macam-macam seperti Auto Urine Therapie. Sudah buntu tidak punya jalan lain ya apa boleh buat ...,” ujarnya sambil tertawa.

Bagaimana pendapat Anda?