Google

Tuesday, November 6, 2007

Tahulah Anda?

Manusia Pemilik Hak Paten Terbanyak

Thomas Alva Edison yang memiliki julukan "Si Penyihir dari Menlo Park" diketahui memiliki 1093 hak paten sepanjang hidupnya. Hingga kematiannya pada tahun 1931, ia memperoleh 34 paten untuk pesawat telepon, 141 paten untuk batere, 150 paten untuk mesin telegraf dan 389 paten untuk bola lampu dan tenaga listrik.


Sebagian besar temuannya tidaklah seluruhnya orisinil, tetapi merupakan perbaikan paten-paten terdahulu, dan sebenarnya diciptakan oleh karyawannya yang banyak — Edison sering dikritik karena tidak mencantumkan nama karyawannya. Meskipun demikian, Edison menerima paten di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Jerman.


Edison mendirikan Motion Picture Patents Company, yang merupakan konglomerasi sembilan studio film utama (yang biasa dikenal sebagai Edison Trust). Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi. Ia lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat. Ia meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern.
Sumber : Did You Know dan Wikipedia