Google

Thursday, November 8, 2007

Tahukah Anda?

Launching Produk Baru

Launching produk baru adalah suatu kegiatan pemasaran yang paling memeras keringat, menekan pikiran dan menguras kantong. Persiapan launching akan melibatkan semua departemen di sebuah perusahaan. Praktis semua tim manajemen terlibat dalam kegiatan ini.


Riset Delloitte dan Touche pada 1998 menunjukkan bahwa 95 % produk baru mengalami kegagalan. Sementara, AC Nielsen dalam risetnya tahun 1999 di Eropa menunjukkan 90 % produk baru mengalami kegagalan. Sementara itu, menurut Garry Lynn dan Richard Reilly dalam bukunya Blockbusters menyatakan bahwa kegagalan produk baru yang mencapai 60 % dapat diminimalkan dengan menciptakan produk hebat melalui 5 langkah kunci yakni pelibatan tanggung jawab manajemen senior, visi produk yang sengaja dipaksakan, mengedepankan peranan pembuatan prototype produk, kerjasama yang erat dari orang-orang yang berada di bawah tekanan waktu dan proses pertukaran informasi yang baik.