Google

Thursday, November 29, 2007

Tahukah Anda ?




Mengenal Kapal Rainbow Warrior Milik Green Peace

Greenpeace adalah salah satu aktivis lingkungan yang dinamis. Kampanye yang dilakukan Greenpeace adalah tradisi demo tanpa kekerasan, aksi langsung melawan perlakuan sewenang-wenang terhadap alam dan perusakan lingkungan sejak tahun 1971. Agar tejaga independensinya, Greenpeace sengaja tidak menerima donasi dari pemerintah maupun perusahaan, melainkan dari individu-individu yang peduli terhadap keselamata bumi dan lingkungannya.

Saat ini, Greenpeace memiliki tiga buah kapal untuk melakukan kegiatannya. Dua beroperasi di wilayah kutub utara dan selatan. Sementara, sebuah kapal --- yang merupakan replika kapal Rainbow Warrior yang ditenggelamkan agen rahasia Perancis tahun 1985 berkaitan dengan protes percobaan nulkir Perancis di Pasifik Selatan --- melakukan aktivitas di berbagai belahan dunia lainnya.

Kapal Rainbow Warrior itu minggu lalu pada hari Sabtu dan Minggu (24 dan 25 November 2007) berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok dan sengaja di buka untuk umum. Blogger ABGNET berkesempatan mengunjunginya hari Minggu. Di kapal ini terdapat kompas, kemudi dan lonceng yang sempat diselamatkan dari kapal Rainbow Warrior yang pertama.

Kapal Rinbow Warrior diklasifikasikan sebagai kapal bertiang tiga dengan layer horizontal (gaff) dan bermesin. Gaff adalah layar berbentuk segi empat yang tidak biasa dijumpai. Pada saat layar dibentangkan lebar layar yang 650 meter persegi akan menghasilkan kecepatan lima sampai tujuh knot. Layar digulung dan dibuka dengan mesin bertenaga listrik. Dalam kondisi baik, semua layar bisa dipasang, dan kapal beralih dari tenaga mesin ke tenaga angin dalam waktu sekitar 10 menit.

Bagian kapal Rainbow Warrior terdiri dari : Bridge atau ruang kendali yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir. Terdapat 2 layar radar dan sebuah Global Positioning System (GPS) yang membantu para awak kapal menentukan arahnya ke seluruh dunia. Kapal ini tidak menggunakan roda kemudi sebagai gantinya kapal ini dikendalikan dengan joystick.

Dua kubah satelit terdapat di kapal ini yang memungkinkan awak kapal berkomunikasi ke seluruh dunia . Melalui kedua kubah ini para awak bisa mengadakan hubungan satelit kemana saja di seluruh dunia. Dengan alat itu mereka dapat mengirim laporan, gambar dan video digital pada saat aksi berlangsung.

Terdapat crane yang terlipat dan bisa dikembangkan untuk untuk menurunkan perahu karet. Kapal ini jarang berhenti untuk menurunkan perahu karet jadi para awak kapal terlatih untuk menggunakan crane untuk menurunkannya dalam cuaca apapun dan dalam kecepatan berapa pun.

Perahu karet adalah salah satu alat penting pada saat aksi kapal dan sering terlihat pada aksi-aksi Greepeace. Perahu-perahu ini mudah dikendalikan , sangat cepat dan memungkinkan para sukarelawan bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cepat. Terdapat lima perahu karet di atas kapal Rainbow Warrior : sebuah Avon Searider 200 hp Optimax, dua Nouvurania 45 hp 4-stoke dan dua buah Avon 45 hp 4 stroke yang khusus disediakan bagi wartawan media massa dan elektronik untuk melakukan liputan aksi Greenpeace.