Google

Tuesday, November 27, 2007

Menciptakan Sukses Kecil Sebagai Landasan Sukses yang Lebih Besar Lagi

Topic : Business

By Ari Satriyo Wibowo


Insting alamiah umumnya mengaitkan inovasi dengan penemuan baru. Tetapi itu sesungguhnya hanya merupakan bagian terkecil saja sebab intisari sesungguhnya dari inovasi adalah pemikiran segar yang berhubungan dengan penciptaan nilai (value creation).

Kutipan kata-kata dari majalah The Economist itu diungkapkan Alisjahbana Haliman , Presiden Direktur PT Haldin Pasifik Semesta, pada PQM’s Partner Gathering bertemakan In Search of Productivity Through Innovation di Hotel Mulia . 22 November 2007 lalu.

Ali Haliman, begitu panggilan akrabnya, adalah sosok technopreneur yang mampu mengubah bahan-bahan alami biasa menjadi barang bernilai tinggi dengan bantuan teknologi.

Melalui Haldin, ia melakukan inovasi dengan penciptaan nilai dalam proses pengeringan (drying), pembuatan sari pati (extracting), penyulingan (distilling) dan pembuatan sediaan siap saji (instantizing).

Teknologi yang digunakan Haldin dalam memproses produknya merupakan yang paling canggih saat ini. Teknologi ”Spray Dried”yang dimilikinya, misalnya, mampu menghasilkan ekstrak dalam bentuk granula. Sediaan itu cocok sekali bagi produsen minuman karena granula lebih mudah larut dibandingkan bentuk bubuk biasa baik disajikan panas maupun dingin
Ada sekitar 100 item produk yang ditanganinya melalui Haldin. Ekstrak cair untuk minuman, misalnya, terdiri dari Coklat, Kopi, Bunga Krisan, Alang-alang, Rimpang Jahe, Teh Hijau, Asam Jawa dan Kunyit. Sedangkan ekstrak cair dalam bentuk teh dan kopi terdiri dari Black Tea Essence, Black Tea Concentrate, Black Tea Extract, Cofee Essence, Coffee Concentrate dan Coffee Extract.

Apakah rahasianya agar dapat sukses dalam melakukan penciptaan nilai. Menurut Ali Haliman ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama, tetapkan sasaran dengan mengidentifikasikan sasaran akhir yang hendak dicapai. Kedua, ciptakan sebuah sukses kecil sebagai landasan bagi sukses-sukses selanjutnya. Ketiga, bangunlah sukses-sukses kecil tadi menjadi sukses yang lebih besar lagi.

Lalu, di mana akhir dari semua proses tersebut ? Hal itu menurut Ali Haliman perlu dilihat lagi dari nilai ekonomis dari temuan-temuan baru itu : apakah produk dapat dijual, berapa biaya memproduksinya, bagaimana permintaan pasarnya, apa saja produk-produk yang menjadi pesaingnya di pasar serta bagaimana kemampuan untuk melakukan komersialisasi dari produk tersebut.

“Mimpi besar adalah bagus tetapi lebih baik lagi apabila hal itu menjadi kenyataan,” tandas Ali Haliman. Oleh karena itu, dianjurkan berusaha keras untuk meraih sebuah sukses kecil dan wujudkan hal tersebut menjadi kenyataan. Mulailah dari yang hal-hal kecil dan milikilah sikap (attitude) yang besar.

Baginya landasan untuk membangun sukses yang lebih besar adalah dengan tetapl melakukan fokus pada sebuah usaha dan kemudian melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. “ Dimulai dari versi 1.0 kemudian ke temuan baru versi 2.0 dan seterusnya,” katanya.

Bagaimana pendapat Anda?