Google

Thursday, November 15, 2007

Depkominfo Bentuk Inkubator Bisnis Kreatif

Peresmian sebuah Business Incubator di University of Tennesse, AS


Topic : Government

Untuk mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia,Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) akan mendirikan inkubator bisnis. Layanan baru yang diberi nama Inkubator Inovasi Telematika (IIT) iniakan diresmikan pendiriannya awal bulan depan (Desember 2007)

"Komponen IT itu kan ada 3, infrastruktur, aplikasi, dan konten. BangsaIndonesia mungkin sulit mengejar keunggulan bangsa lain dalam infrstruktur,tapi punya peluang untuk mengembangkan aplikasi dan konten," ujar Cahyana Ahmadjayadi, Dirjen Aplikasi Telematika Depkominfo usai membuka pameran komputer Indocomtech 2007 di Jakarta, Rabu (14/11).



Ia mengatakan bangsa Indonesia memiliki kekayaan budaya, kekayaan alam, dankemampuan artistik yang bisa kita lihat bersama. Dengan sentuhan teknologiinformasi, potensi inilah yang menurutnya bisa dikembangkan menjadi aplikasidan konten kreatif seperti software dan seni grafika digital.



Ekonomi kreatif



"Aplikasi dan konten bisa menjadi unggulan Indonesia di mata dunia," ujar Cahyana. Menurutnya momentum ini sangat tepat di saat industri di duniasedang menatap ekonomi kreatif, gelombang baru setelah revolusi pertanian, revolusi industri, dan ekonomi informasi.



Pengembangan industri kreatif diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi.Ia mencontohkan Inggris, negara yang industri kreatifnya tumbuh 9 persen, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi yang hanya sekitar 2 persen.



Selain mendirikan pusat inkubasi yang menyediakan perengkat pengembangan danpendampingan, Depkominfo juga mencanangkan pembentukan Masyarakat IndustriKreatif berbasisi Teknologi Informasi (MIKTI) (Wah/Kompas)






Sumber: Milis Mediacare dari Kompas Cyber Media, 15 November 2007