Google

Friday, February 22, 2008

Tahukah Anda?





Sumber Pangan Pencegah Serangan Jantung

Bila Anda peduli dengan kesehatan jantung, jangan lupa memasukkan beberapa bahan makanan alami di bawah ini ke dalam menu sehari-hari.

- Jus anggur. Buah anggur mengandung banyak flavonoid yakni suatu senyawa yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung sampai lebih 25 persen.
- Jus jeruk. Hasil penelitian di University of Western Ontario menunjukkan bahwa minum jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).
- Ikan Salmon. Ikan jenis ini kaya akan omega 3 dan asam amino arginin. Omega-3 adalah lemak baik yang dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Sementara itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam amino arginin yang tinggi bermanfaat dalam memperbaiki sirkulasi darah sekitar 30 persen.
- Bayam. Kalsium dan potassium (natrium) merupakan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah. Kedua mineral tersebut dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi bayam. Selain itu, bayam mengandung asam folat yang dapat mengurangi homosistein, suatu senyawa yang berhubungan dengan kejadian penyakit jantung, sampai 25 persen.
- Kacang merah. Inilah makanan terbaik untuk jantung. Para peneliti di Universitas Tulane menemukan bahwa kebiasaan mengonsumsi kacang merah empat kali seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung sekitar 19 persen.
- Bawang bombai. Dalam bawang bombai terdapat senyawa quercetin dan kaempferol yang dapat menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL). Proses oksidasi LDL tersebut memicu timbulnya penyakit jantung.
- Apel hijau, merah atau kuning. Semua jenis apel kaya akan pectin. Substansi yang menyerupai gelatin ini menjaga agar kolesterol tidak masuk ke dalam aliran darah.

Sumber : Seri Gaya Hidup Sehat : "Cara Bijak Hadapi Stroke, Jantung & Pembuluh Darah"