Google

Monday, February 4, 2008

Neural Stem Cell Sebagai Terapi Bagi Penyakit Kerusakan Otak



Topic : Academic

By Ari Satriyo Wibowo


Dapatkah kita memanfaatkan Neural Stem Cell (NSC) untuk memperbaiki penyakit kerusakan otak (CNS/Central Nervous System) ? Jawabannya adalah bisa.

Penyakit kerusakan otak meliputi antara lain Parkinson, Alzheimer, Hutington, Amytropic Lateral Scheloris (ALS), Stroke, Schizophrenia, Spinal Cord Injury dan kehilangan pendengaran.

Menurut Dr. Sohail Ahmad,PhD dari Institute of Medical Biology, Singapura dalam seminar "Stem Cell : The New Era of Biotechnology" Sabtu lalu, sampai sekarang terdapat tiga pemanfaatan utama NSC yakni sebagai pengobatan regeneratif (regenerative medicine), penyeleksi obat (drug screening) dan pembangun otak (brain development).

Definisi sederhana NSC adalah sel yang diturunkan dari otak, baik berupa embryonic stem cell maupun adult stem cell yang dapat melakukan pembaruan terhadap dirinya sendiri serta melakukan diferensiasi menjadi tiga jenis sel CNS.

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi NSC yakni melalui :

1. Analisis Klon

Tidak ada marker yang memungkinkan untuk mengidentifikasi NSC. Oleh karena itu analisis klon kemudian digunakan untuk keperluan tersebut. Clonal neurosphere dapat dibedakan menjadi tiga jenis CNS yang berbeda yang menunjukkan bahwa NSC ada di dalam neurosphere.

2. Single cell PCR and RT-PCR

Neurosphere dapat menjadi sel tunggal melalui penggunaan enzim, kimia ataupun cara mekanis. Analisa dari mRNA yang membuat sel individu dapat dikelompokkan menjadi kategori yang berbeda : NSC vs Progenitor.

Analisa Single Cell PCR memungkinkan dilakukan profil ekspresi mRNA yang mendefinisikan sebuah NSC.

3. Marker menggunakan protein

Tidak ada marker sel permukaan bagi NSC. Kombinasi dari analisis klon dan ekspresi protein untuk melihat profilnya mampu mendefinisikan sel permukaan dari marker protein pembentuk NSC. Apakah CD133? ABCgamma2? Ukurannya? Atau berdasarkan ekspresi gen : Nestin? Sox2? Hes1/Hes5?

Neurogenesis saat ini diketahui timbul pada wilayah tertentu dari otak manusia lanjut usia yang terbagi menjadi dua zona yakni SVZ (Subventricular zone) dan SGZ (Subgranular zone). Pemahaman dan eksploitasi terhadap sel endogenous ini adalah salah satu rute untuk menyembuhkan penyakit kerusakan otak (CNS).

Ada tiga cara pokok saat stem cell dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit kerusakan otak (CNS) :

1. Penggantian sel melalui cara transplantasi.
2. Perlindungan sel syaraf melalui penyampaian faktor neurotropik untuk mengatasi luka.
3. Menstimulasi endogenous stem cell untuk perbaikan jaringan di otak.

Bagaimana pendapat Anda ?