Google

Tuesday, February 5, 2008

BCRO Bangun Industri Stem Cell di Pahang, Malaysia



Topic: Business


Kawasan industri East Coast Economic Region (ECER) di Pahang, Malaysia akan menjadi tuan rumah bagi fasilitas stem cell raksasa dari AS yakni Bio-Cellular Research Organization (BCRO).

Pahang Technology Resources Sdn Bhd telah menandatangani memorandum of understanding (MOU) dengan BCRO Stem Cell Xenotransplantation pada 28 Januari 2008 lalu yang disaksikan langsung PM Malaysia Datuk Seri Abdullah Ahmad Badawi.

Para periset transplantasi stem cell akan segera dipindahkan ke Pahang dari basis mereka sebelumnya di Slovakia.

BCRO akan menanamkan investasi sebesar RM 280 juta selama tiga tahun untuk mentransfer pengetahuan ke Malaysia dari para ilmuwan mereka yang berasal dari AS dan Uni Eropa.

Saat ini BCRO memasok stem cell transplant kepada para dokter dan rumah sakit yang ada di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia.

Perusahaan itu memperluas layanan kepada 200 pasien di Asia Tenggara, Hong Kong dan Australia, termasuk 100 kasus dari Malaysia dalam dua setengah tahun terakhir.

Para ilmuwan medis mengantisipasi peran stem cell dalam mengobati penyakit kanker, diabetes type-1, spinal cord ijuries dan kerusakab syaraf diantara penyakit-penyakit lainnya.

Dengan keberadaan pabrik BCRO di Malaysia maka diharapkan biaya pengobatan dengan memanfaatkan stem cell akan makin terjangkau bagi rakyat Malaysia.

Bagaimana dengan Indonesia?

Sumber :Laporan Jeeva Arulampalam untuk East Coast Ecomic Region, Malaysia.