Google

Monday, February 11, 2008

Antisipasi Dampak Pemanasan Global (1)




Menghemat Penggunaan Air

Kadang kita tidak menyadari kalau air dari kran mengalir kira-kira 9 liter per menit. Pemakaian air yang terlalu banyak dan boros akan mempercepat habisnya ketersediaan air tanah. Jadi, jangan membiasakan diri membiarkan kran air mengalir tanpa digunakan.

Ada beberapa cara untuk menghemat air antara lain sebagai berikut :

a. Mencuci piring di baskom yang telah diisi air, bukan di bawah air mengalir.
b. Cuci sayuran dan ayam/daging secara terpisah dalam tempat yang sudah terisi air. Bila mencuci langsung di bawah kran akan diperkukan air 10-15 kali lebih banyak dibandingkan mencuci di dalam satu wadah.
c. Berkumur atau menyikat gigi dengan menggukan gelas atau gayung. Bila menggunakan air mengalir untuk menyikat gigi, akan terjadi pemborosan berliter-liter air.
d. Sebaiknya gunakan lap dan seember air untuk mencuci mobil, jangan menggunakan air yang mengalir dari selang.
e. Jika mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci maka cucilah dengan sejumlah kapasitas maksimal dari mesin cuci tersebut. Hal ini bertujuan agar bisa menghemat penggunaan air dan energi listrik.
f. Pergunakan shower pada saat mandi. Penggunaan gayung akan menyebabkan pemborosan air sampai tiga kali lipat.
g. Segera lakukan perbaikan pipa atau sambungan dari pipa ke pompa jika terjadi kebocoran. Untuk pencegahan, periksalah pipa-pipa secara teratur.

Sumber : Gatut Susanta dan hari Sutjahjo, “ Akankah Indonesia tenggelam akibat Pemanasan Global,” PenebarPlus, Jakarta, 2007