Google

Saturday, February 9, 2008

Tahukah Anda?



Tempe pun Digemari di Negeri Barat

Tempe adalah produk fermentasi yang amat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan mulai digemari pula oleh berbagai kelompok masyarakat Barat. Tempe dapat dibuat dari berbagai bahan. Namun demikian yang biasa dikenal sebagai tempe oleh masyarakat pada umumnya ialah tempe yang dibuat dari kedelai.

Melalui proses fermentasi, kedelai menjadi lebih enak dan meningkat nilai nutrisinya. Rasa dan aroma kedelai memang berubah sama sekali setelah menjadi tempe. Tempe lebih banyak diterima untuk dikonsumsi bukan hanya orang Indonesia tetapi juga bangsa lain termasuk Jepang dan AS. Tempe yang masih baru dapat memiliki rasa dan bau yang spesifik. Bau dan rasa khas tempe ini tidak mudah dideskripsikan tetapi dapat dimengerti dan dihayati bagi masyarakat yang telah lama mengenal tempe.

Tempe yang dibuat dari kedelai melalui tiga tahap yaitu : 1. Hidrasi dan pengasaman biji kedelai dengan direndam beberapa lama (untuk daerah tropis kira-kira semalam), 2. Sterilisasi terhadap sebagian biji kedelai dan 3. Fermentasi oleh jamur tempe yang diinokulasikan segera setelah sterilisasi. Jamur tempe yang banyak digunkan ialah Rhizopus oligosporus.

Fermentasi tempe mampu menghilangkan zat-zat yang tidak diinginkan yang terdapat pada kedelai. Tempe memiliki kandungan vitamin B12 yang sangat tinggi, yaitu 3,9-5,0 gram/100 gram. Selain vitamin B12 tempe yang mengandung vitamin B lainnya yaitu niasin dan riboflavin (Vit B2). Tempe juga mampu memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 20% dan zat besi 56 % dari standar gizi yang dianjurkan. Kandungan protein dalam tempe dapat disejajarkan dengan yang terdapat dalam daging. Dengan demikian tempe dapat menggantikan daging dalam susunan menu yang seimbang.


Suatu kali saya masuk ke website Peter Vachuska di West Bend, Wisconsin, AS via http://www.geocities.com/pvachuska/tempeh/ berjudul “How I Make Tempeh” dan saya dapati ucapan perkenalan sebagai berikut :

Hello. My name is Peter Vachuska and I live in West Bend, Wisconsin. Noticing a shortage of instructional web sites on how to make tempeh, I decided to put up this page showing how I make tempeh.

First of all, you need the raw ingredients. The most difficult to obtain is the tempeh starter (the spore mixture that contains the seeds of the fungal culture, Rhizopus oligosporus). While you might be able to order this locally at your neighborhood natural food store, you can order it directly.

The source I use is The Farm in Summertown, Tennessee. It was easy to order online and the tempeh starter was at my door in less than a week. If anyone knows of other online sources please let me know. Thanks to Gary Knigge, who informed me that "G.E.M. Cultures is another great source for cultures and starters. Another source that I've learned about is www.tempeh.info. They appear to be in Belgium, but will ship starter anywhere in the world. They have a lot of good information on their website. Yet another source is tempehonline.com out of Rockville Maryland. They have a very informational website as well.

The other main ingredient is, of course, soybeans. These are fairly easy to come by. Go to a natural foods store or a mega-grocery store. Other ingredients are a few tablespoons of vinegar and lots of water.

Bagaimana pendapat Anda?