Google

Monday, February 25, 2008

Dari Magelang Menjadi Produsen Jamu Pelangsing Tubuh yang Diakui FDA

Topic : Business

By Ari Satriyo Wibowo

Ingin melangsingkan tubuh dengan aman? Jangan ragu-ragu untuk mengonsumsi jamu Merit produksi perusahaan Sari Sehat, Magelang, Jawa Tengah. Mengapa? Karena jamu itu telah memperoleh rekomendasi dari Badan Pengawasan Obat AS (FDA) sebagai obat pelangsing yang aman untuk dikonsumsi. Padahal FDA merupakan lembaga yang terpandang di negeri Paman Sam di bidang kontrol obat dan makanan yang memiliki aturan amat ketat serta susah ditembus perusahaan multinasional sekali pun. Tetapi sebuah perusahaan jamu dari kota kecil di Jawa Tengah itu berhasil menembusnya. Siapa di balik semua itu? Pemiliknya tak lain adalah Hari Yuwono alias Yoe Kok Lin, 58 tahun, yang memimpin Jamu Sari Sehat berbadan hukum PT Capung Indah Abadi itu.

Khasiat Merit tak hanya dikenal di dalam negeri tetapi sudah tersohor di mancanegara. Tidak sekadar sebagai pelangsing tetapi juga obat bagi mereka yang mengalami gangguan susah buang air besar atau dalam bahasa Jawa disebut sebagai menderita “bebelen”.

Alkisah, di Taipei, Taiwan seorang wanita mengalami gangguan tidak dapat buang air besar selama enam hari. “Dengan cara mengonsumsi 6 butir Merit sekali minum maka gangguan itu teratasi,” ungkap Yoe Kok Lin. Demikian pula kisah pasien di Singapura yang selama beberapa hari tidak dapat buang air besar. Berkat mengonsumsi Merit maka gangguan itu pun hilang.

Tidak mengherankan bila Merit sudah beredar luas di pasar luar negeri seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Taiwan, Hongkong dan Rusia. Bahkan, khusus Rusia pemesannya adalah seorang profesor yang datang sendiri untuk melihat pabrik Merit di Magelang. Mula-mula pesanannya masih kecil pada 1999. Kemudian pada tahun 2000 ada peningkatan pemesanan. Pada tahun 2001 sudah ada pemesanan yang rutin.

Sejarah Berdirinya Perusahaan

Awalnya Yoe Kok Lin bertugas sebagai asisten sang ayah, seorang sinshe atau tabib, yang mengobati para pasien yang datang ke toko obat. Selain membantu melayani pasien Yoe Kok Lin juga bertugas meracik obat bagi mereka. Karena rutin dilakukan setiap hari, lama-kelamaan Yoe Kok Lin mengerti dengan berbagai komposisi obat untuk mengatasi berbagai penyakit. Yoe Kok Lin tahu betul obat-obatan yang manjur serta cita-rasa obat yang disukai pasien. Semua obat-obatan itu merupakan ramuan obat tradisional Cina.

Ketika ayahnya sudah semakin uzur, maka tugas menjadi tabib diserahkan kepada Yoe Kok Lin. Selain mengobati orang, pada tahun 1980, Yoe Kok Lin mendirikan pabrik jamu berskala home industry.

Ketika itu produsen jamu mulai memperkenalkan produk-produk seperti Sari Rapet dan Galian Singset. Yoe Kok Lin tidak ingin mengikuti tren pasar seperti itu.”Saya fokus pada jamu yang dapat melangsingkan tubuh,” ujarnya.

Mulailah, pada 1990, Yoe Kok Lin memberanikan diri untuk menjual obat pelangsing tubuh tanpa merek yang dititipkan ke toko-toko obat dan para sinshe lainnya. Modal alat produksinya mula-mula hanya sebuah mesin tablet sederhana.

Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1992, produk tersebut mulai diberi nama Merit. Pada tahun 1994 berdirilah industri jamu yang sudah tidak berskala home industry lagi. Pada tahun 1998 Merit mulai beriklan di televisi. Mula-mula hanya seminggu sekali. Kemudian pada 1999 ditingkatkan iklannya menjadi sebulan penuh. Sejak diiklankan di televisi permintaan Merit mulai meningkat.

Merit merupakan obat pelangsing yang aman dikonsumsi dan telah memperoleh sertifikasi uji preklinik dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI).

Selain sertifikat uji preklinik, Merit juga telah memperoleh antara lain :

1. Sertifikat Halal sejak tahun 2002
2. Sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional (CPOTB) Sediaan Tablet sejak tahun 2002
3. Sertifikat FDA dari Amerika Serikat sejak tahun 2003
4. Registrasi di Malaysia sejak tahun 2003

Selain untuk produk Merit, Sertifikat CPOTB juga telah diperoleh untuk sediaan Cairan Obat Luar (sejak tahun 2004) dan sampai saat ini untuk semua sediaan produk yaitu Cairan Obat Dalam, Kapsul, Salep/Krim/Gel, dan Serbuk Effervescent juga telah memperoleh sertifikat CPOTB.

Di pasar obat pelangsing dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok :

1. Obat pelangsing yang bersifat menekan nafsu makan. Obat semacam ini memiliki efek samping paling berat terhadap jantung.
2. Obat pelangsing yang membuat orang ingin kencing. Obat semacam ini memiliki efek samping terhadap ginjal.
3. Obat pelangsing yang membuat orang ingin buang air besar. Obat semacam ini merangsang kerja usus besar sehingga menimbulkan efek samping perut terasa melilit tetapi tetap aman dikonsumsi. Hal ini karena perut menjadi bersih, lemak berkurang, otomatis berat badan menjadi turun.

Merit tergolong ke dalam obat pelangsing yang membuat orang ingin buang air besar. Merit dijual dalam kemasan sachet 500 mg berisi 30 pil dengan harga eceran rata-rata Rp 8.000 per sachet. “Untuk pemula cukup diminum 2 pil sebelum tidur dan bila dikonsumsi sesuai aturan akan mengalami penurunan berat badan. Selain itu Merit juga mempunyai nilai lebih yaitu dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida,” kata Yoe Kok Lin.

Kualitas Merit diakui di luar negeri. Terbukti ketika Malaysia memberlakukan Undang Undang yang ketat terhadap obat-obatan, Merit termasuk satu-satunya produk jamu dari luar negeri yang diijinkan beredar di Malaysia. Waktu itu tidak sedikit produk jamu Malaysia yang tidak lolos uji. Bahkan, ketika Merit resmi diluncurkan di Malaysia pada Februari 2004, Menteri Kesehatan Malaysia berkenan meresmikannya. Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut Yoe Kok Lin yang didampingi Kepala BPOM RI Sampurno tampil sebagai Duta Wisata bertepatan dengan diluncurkannya rute Jogya - Kuala Lumpur oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Dalam rangka mengganjal produk pelangsing impor maka Merit kemudian meluncurkan varian baru Merit Gold. Berbeda dengan pendahulunya yang bersifat merangsang buang air besar, Merit Gold bersifat membakar lemak tubuh yang merupakan tren obat-obatan pelangsing masa kini. Cara bekerjanya pun berbeda. Makanan yang hendak dicerna dilapis terlebih dahulu dengan serat sehingga tidak perlu dipacu dengan usus besar. Hasilnya, rasa melilit menjadi berkurang atau hilang sama sekali. Komposisi Merit Gold sebagian besar berupa bahan baku impor setengah jadi dari AS.

Merit Gold tersedia dalam kemasan botol isi 60 kapsul untuk konsumsi 1 bulan. Cara mengonsumsi sebaiknya dilakukan 20 menit sebelum makan, dengan mengonsumsi 1 kapsul setiap pagi dan malam. Oleh karena sudah tidak menimbulkan efek melilit lagi bagi yang menginginkan Merit Gold sebagai perangsang buang air besar maka dianjurkan konsumsi Merit Gold ditingkatkan menjadi 2 kapsul setiap pagi dan malam dengan anjuran dilakukan 20 menit sebelum makan. Dengan harga yang cukup bersaing yakni berkisar Rp. 150.000,- per botol maka Merit Gold diharapkan dapat bersaing dengan produk pelangsing impor lainnya.

Produk Jamu Sari Sehat lainnya adalah minyak obat luka Minol. Tetapi, yang paling terkenal adalah pelangsing tubuh Merit karena memiliki kualitas bagus, aman dikonsumsi serta menguasai pangsa pasar lebih dari 50 persen.

Bagaimana pendapat Anda?