Google

Saturday, December 29, 2007

Tahukah Anda?



Asteroid Diperkirakan akan Menabrak Mars pada 30 Januari 2008

Sebuah asteroid memiliki kemungkinan 1 berbanding 75 untuk menabrak Planet Mars pada 30 Januari 2008, demikian diungkapkan para ilmuwan NASA.

“Kejadian ganjil ini sungguh diluar kebiasaan. Kami biasanya mampu melacak jauh hari sebelumnya bila ada asteroid mengancam,” kata Sterve Chesley, seorang astronom yang bekerja pada Near Earth Object Program pada Laboratorium Propulsi Jet NASA.

Asteroid, yang ditandai sebagai 2007 WD5 itu, ditemukan akhir November 2007 lalu dan memiliki ukuran yang sama dengan asteroid yang pernah jatuh di pedalaman Siberia tahun 1908. Daya hancurnya setara dengan bom nuklir berkekuatan 15 megaton serta mampu melumat 60 juta pepohonan di hutan Siberia.

Jika asteroid benar-benar menabrak Planet Mars kemungkinan benda itu akan jatuh di wilayah ekuator tak jauh dari robot NASA Opportunity yang ditempatkan di Mars sejak tahun 2004. Tetapi robot itu diperkirakan tetap dalam kondisi aman karena berada di luar radius dampak ledakan. Dengan kecepatan 8 mil per detik maka asteroid itu mampu menciptakan lubang seukuran Meteor Crater yang terkenal di Arizona, AS itu.


Pada tahun 1994, beberapa bagian dari komet Shoemaker-Levy9 telah menabrak Planet Jupiter dan mampu menimbulkan bola api yang menyala hingga ke luar angkasa. Para astronom kini bersiap-siap untuk menyaksikan dampak tabrakan asteroid pada Planet Mars.

“Kami tak perlu takut sebagaimana bila asteroid menabrak bumi, kami akan menikmati (kejadian itu dari jauh),” pungkas Chesley.


Sumber : Alicia Chang, Reporter Asociated Press dari Los Angeles