Google

Friday, December 14, 2007

Delapan Tren Pasar Indonesia di Tahun 2008

Topic : Academic - Business

By Ari Satriyo Wibowo

Berikut Delapan Tren Pasar 2008 dari hasil riset MarkPlus Inc di bawah judul “Marketing in 2008: Getting out of Price War” yang diluncurkan oleh pakar pemasaran Hermawan Kartajaya pada hari Kamis, 13 Desember 2007 di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta.

Pertama, akan terjadi Internet booming pada tahun 2008. Hal itu karena Menkonifo Mohammad Nuh mencanangkan pada tahun 2008 seluruh alun-alun di Indonesia memiliki fasilitas hotspot Internet. Selama tahun 2007 misalnya di Jawa Timur sudah ada 39 alun-alun kota yang memiliki fasilitas hotspot.

Meski begitu, pengadopsian teknologi 3G oleh konsumen tak sebesar iklan yang ditayangkan di mana-mana. Indonesia sedang menghadapi rendahnya tingkat penyerapan teknologi internet, tetapi memiliki tingkat akses cukup tinggi.

Ketika tersedia, produk berorientasi teknologi tak sepopuler produk berorientasi fashion. Pada tahun 2008 akan ada lompatan dalam hal penyerapan teknologi internet. Dalam hal penyerapan teknologi internet ini, Indonesia masih cukup rendah (8,9 persen).

Kedua, terjadi kebijakan pemerintah yang lebih pro persiangan. Banyak pemikiran yang muncul terhadap bagaimana organisasi pemerintah yang birokratis dan berskala besar dapat efektif seperti halnya organisasi bisnis. Pemerintah mengambil pelajaran dan terinspirasi dari perilaku bisnis di pasar.

Ketiga, meningkatnya desentralisasi kekuasaan. Sebelumnya desentralisasi yang pernah dianggap sebagai distribusi korupsi, sebenarnya dapat dianalogikan sebagai cara pembentukan perusahaan entrepreneur pemerintah yang lebih kecil dan mampu bergerak cepat.

Keempat, karena menjelang pemilu maka pemerintah akan banyak menjalankan kebijakan ekonomi populis yang menyenangkan masyarakat yang menghuni bagian dasar dari piramida kebutuhan Maslow.

Kelima, banyak orang ingin mengekspresikan dirinya dan berkomunikasi dengan orang lain. Individu biasanya tertarik menjadikan dirinya didengar dan dilihat. Para blogger berkumpul di pesta akhir 2007 di Jakarta "Pesta Blogger 2007". Blogs, Yahoo Messenger, Friendster, dan You Tube adalah sebagian dari media tersebut.
Keenam, karena tahun 2008 hanya setahun sebelum Pemilu 2009 maka akan banyak terjadi rumor.

Ketujuh, semakin banyak kota memiliki sumber daya alam yang dapat mengamankan pendapatan daerahnya. Hampir semua komoditas alam yang diproduksi di Indonesia, yang sebagian besar berasal dari luar Jawa, meningkat. Hal Ini menimbulkan efek masyarakat di luar Pulau Jawa berdaya beli lebih tinggi dibandingkan mereka yang tinggal di Pulau Jawa.

Kedelapan, terjadi pergeseran pada value segment untuk menempatkan diri turun ke bawah menciptakan cluster baru yakni smarter value segment. Sementara segment yang selama ini termasuk price segmen yang peka harga akan bergerak ke cluster baru yakni smarter price segment.

Bagaimana pendapat Anda?











Sumber : Marketing in 2008, " Getting Out of Price War" by MarkPlus Inc.