Google

Wednesday, December 19, 2007

Tahukah Anda?

Remaja Ceria Cikal Bakal Insan Inovatif Indonesia Masa Depan

Mendiknas Bambang Soedibyo, Selasa sore (18/12) menerima perwakilan Remaja Ceria dari Propinsi DKI Jaya dan Provinsi Banten di kantornya.

Mereka terdiri dari Muhammad Cipta Suhada (DKI I), Kiko Ghiamaya (DKI VI), Frita Rosita (Banten I) dan Anhar Raiardi (Banten I).

Remaja Ceria merupakan ajang pemilihan cikal bakal duta pemuda Indonesia yang terbaik, yang akan dipilih dari tahapan seleksi di seluruh Indonesia yang berkarakter CERIA yakni cerdas, energik, responsif, inovatif dan adaptif.

Visi Remaja Ceria adalah terwujudnya persatuan dan kesatuan generasi muda Indonesia dalam menjawab tantangan segala jenis kenakalan remaja melalui aktivitas dan penempaan diri untuk menjadi remaja berprestasi mandiri, berwawasan luas dan berorientasi masa depan.

Adapun misinya, memotivasi remaja untuk tampil cerdas, aktif, kreatif, menarik dan dinamis penuh dengan inovasi dan unsur pendidikan. Memperkuat perilaku dan sikap, sopan dan saling menghargai dalam berkomunikasi dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat. Mengembangkan sikap kepemimpinan yang arif, mampu menempatkan diri dalam organisasi, disiplin dan tertib dikalangan generasi muda. Meningkatkan kemampuan pengetahuan, kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air sebagai duta remaja berprestasi.

Remaja Ceria semula diselenggarakan di wilayah Jakarta Utaran sejak 1987. Kemudian pada tahun 2004 diadopsi untuk wilayah DKI Jaya dan pada tahun 2007 diselenggarakan pada tingkat nasional.

Anggota tingkat kotamadya terdiri dari 30 Orang finalis yang terpilih setiap tahunnya ditambah dengan remaja ceria promosi yang terpilih.

Anggota tingkat propinsi terdiri dari 16 Orang (8 pasang) dari tingkat kotamadya yang dikirim ke propinsi.

Anggota tingkat nasional terdiri dari 6 Orang (3 pasang) dari tingkat propinsi yang dikirim ke tingkat nasional.

Remaja Ceria diharapkan dapat berpartisipasi sebagai :

- Duta Pemuda Indonesia dalam setiap kesempatan Event - event Kepemudaan & Olahraga Nasional.

- Tenaga muda untuk kegiatan keprotokoleran & Pemberdayaan Pemuda Indonesia, terutama kegiatan yang diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Luar Sekolah & Pemuda Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

- Remaja Pemuda yang terjun dalam kegiatan Sosialisasi & Kunjungan ke sekolah serta Aksi Anti Kenakalan Remaja, Aksi Simpati & Bakti Masyarakat dalam membantu membudayakan dan mensosialisasikan program dan pembangunan Nasional.

- Sebagai Partnership, Generasi muda penyalur aspirasi remaja, Pengembangan Minat Bakat remaja pemuda dengan fasilitas Sarana kepemudaan dan Olahraga, seperti gelanggang remaja kecamatan atau wilayah masing-masing.

- Remaja Indonesia yang berkesempatan untuk dikembangkan dan kerjasama sebagai Personal Stan Promo perusahaan-perusahaan Nasional seperti : Telekomunikasi, Product Manufacturing, Otomotif, Fashion dan sebagainya.


-Menjadi remaja pemuda motor penggerak Pengembangan prestasi sesuai bidang minat bakat remaja di bidang : Karya Ilmiah, Rekayasa Teknologi, Olahraga-Aktraktif, Seni Budaya dan lain sebagainya.