Google

Friday, December 21, 2007

Google Knol Calon Pesaing Kuat Wikipedia

Topic : Business

Jika analisis Josh Bernoff dari firma riset pasar Forrester Research benar, Google Inc. segera merampungkan ambisi untuk mengendalikan pengalaman para pengguna Internet. Ini ditandai oleh peluncuran Google Knol, situs ensiklopedia online-nya, pada pekan lalu.


"Ini adalah cara Google menggenggam 'halaman ketiga' dari pencarian," ujar Bernoff. Google, menurut Bernoff, telah menguasai halaman pertama (halaman utama dari portal) dan kedua (halaman hasil perencanaan). Tapi karena tidak memiliki content sendiri, Google tak memiliki kendali pada halaman ketiga.

Kehadiran Google Knol diumumkan oleh Vice President Engineering Google Udi Mander di blog resmi perusahaan itu: Google Blog (http://googleblog.blogspot.com). Knol, menurut Google, adalah satuan terkecil dari knowledge.

"Tujuan kami adalah mendorong orang yang mengetahui sebuah subyek tertentu untuk menuliskannya menjadi sebuah artikel yang resmi," Manber menuliskan. Knol nantinya akan memuat semua topik, dari konsep sains hingga informasi kesehatan; dari geografi dan sejarah sampai hiburan; serta dari informasi produk hingga instruksi bagaimana memperbaikinya jika rusak.

Sebagai tahap awal, mulai pekan ini, Google hanya mengundang sekelompok penulis untuk mencoba Knol. Ini pula yang membedakan Knol dengan pemimpin situs ensiklopedia saat ini, Wikipedia. Tak seperti penyumbang artikel Wikipedia, pada Knol, identitas dan foto penulis terpampang di halaman artikelnya.

Penulis juga berkesempatan mendapatkan pendapatan. Jika penulis menghendakinya, di halamannya akan dipasang iklan. Metode pemeringkatan Knol akan sama dengan cara pemeringkatan halaman web yang lain, yakni berdasarkan hasil pencarian. Di sini muncul kekhawatiran lainnya: apakah Google bisa obyektif menampilkan hasil pencariannya dan tidak menaruh content miliknya di puncak halaman hasil pencarian?

Artikel Knol juga tidak dibuat secara kolaboratif oleh beberapa penulis anonim seperti di Wikipedia. Seorang penulis Knol menuliskan sebuah topik tertentu. Penulis lain tidak diperkenankan menyunting artikel tersebut, tapi ia bisa membuat artikel dengan topik yang sama.

Pengguna web masih bisa berpartisipasi dalam Knol sebagai penilai. Mereka bisa me-ranking artikel berdasarkan tingkat kegunaannya. Pengguna bisa mengirimkan komentar dan juga pertanyaan kepada penulis knol tersebut.

Menurut Google, gagasan kunci di belakang proyek Knol adalah menyoroti para penulis. "Kami percaya dengan mengetahui siapa yang menulis membantu pengguna secara signifikan untuk menggunakan lebih baik content web.

Akankah Knol menjadi pesaing bagi Wikipedia? Tampaknya, dari segi kemiripan, Knol lebih mirip About.com. Situs yang kini dimiliki oleh The New York Times Company itu berdiri pada 1996 dan saat ini memiliki lebih dari 600 pakar penulis artikel yang disebut guide. About memiliki lebih dari 1,6 juta artikel yang tersebar dalam 22 kanal. Setiap pekan bertambah 3.000 potongan content baru.

Sementara itu, pemimpin dalam ensiklopedia online, Wikipedia.org, kini memiliki lebih dari 8,2 juta artikel dalam lebih dari 200 bahasa. Untuk yang berbahasa Inggris, terdapat lebih dari 2 juta artikel. Namun, masalah akurasi artikel menjadi isu utama yang membayangi Wikipedia.

Sumber : Tempo Interaktif dan International Herald Tribune