Google

Wednesday, December 19, 2007

Delapan Strategi Kreatif Menghadapi 2008

Topic : Business
By Ari Satriyo Wibowo

MarkPlus Inc. mengusulkan Delapan Strategi Kreatif untuk menghadapi tahun 2008 yang terdiri atas gabungan strategi pemasaran dan penjualan. Delapan strategi itu dapat diringkas menjadi lima hal.

Pertama, menawarkan pasar dengan pasar (gabungan strategi pemasaran). Pepatah lama mengatakan, setiap segmen pasar yang unik membutuhkan gabungan strategi pemasaran yang unik pula.

Perpindahan dari pemasaran massal ke wilayah pinggiran (rural) terutama di luar Pulau Jawa membutuhkan perusahaan yang berorientasi ke arah yang sama. Bauran pemasaran ( marketing mix) yakni produk, tempat (place), promosi, dan harga (price), harus dirancang mengikuti pasar lokal tersebut.

Kedua, melakukan pendekatan melalui internet (saluran, promosi dan penjualan). Dengan ledakan penetrasi internet tahun 2008 perusahaan harus mulai berpikir bagaimana memulai dan mengambil manfaat dari fenomena tersebut.

Ketiga, pemasaran dari mulut ke mulut dan pembentukan komunitas akan meningkat. Untuk memenangi pangsa pasar, perusahaan harus menyesuaikan dengan tren sosial budaya konsumen.

Keempat, eksekusi dengan biaya yang efisien (utuk menggarap segmen yang peka terhadap harga). Dalam merancang dan mengeksekusi proses, perusahaan harus memberi perhatian pada kualitas, biaya, dan ongkos pengiriman (quality, cost, delivery atau QCD).

Kelima, eksekusi dengan total layanan memberikan pengalaman kepada konsumen sehingga konsumen merasakan “ownership experience”, “exploring experience”, “buying experience” dan “comparing experience”.

Bagaimana pendapat Anda?