Google

Tuesday, September 11, 2007

Varietas Kedelai Hitam Mallika : Contoh Kerjasama ABG yang Layak Ditiru



Topic : Academic, Business, Government

Salah satu contoh kerjasama ABG telah membuahkan hasil. Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) bekerjasama dengan PT Unilever Indonesia Tbk (selaku produsen Kecap Bango) dan Departemen Pertanian berhasil menemukan varietas kedelai hitam unggulan. Varietas yang diberi nama “Mallika” ini diharapkan mampu menjawab tantangan swasembada kedelai Indonesia pada tahun 2015.

Pengukuhan Mallika sebagai varietas unggul nasional dinyatakan dalam surat keputusan Menteri Pertanian No. 78/2007.

Ketua Lembaga Pengembangan Teknologi dan Manajemen Agroindustri Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Mary Astuti menjelaskan, Mallika adalah varietas kelima dari seluruh varietas kedelai unggul di Indonesia. Sebelumnya, ada varietas Cikuray yang dilepas pemerintah tahun 1992.

“ Hal ini cukup menyedihkan mengingat kedelai hitam adalah jenis komoditas pertanian yang lekat dengan budaya bangsa sejak zaman dahulu kala, tetapi jarang diperhatikan. Jumlah varietasnya kalah dengan kedelai kuning yang mencapai 51 jenis, “ ujar Marry kepada Kompas.

Galur Mallika dimurnikan melalui penelitian antara 2001-2006 dengan melibatkan sekitar 5.000 petani di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Secara fisilogis, kedelai Mallika bercirikan bulu coklat pada batang dan tempat polong. Tanaman kedelai ini juga memiliki keunggulan, tumbuh bercabang dan termasuk jenis semi-intermediate, tahan panas, dan hujan.

Tanaman ini akan berbunga setelah usia 33 hari dan polong akan masak padsa usia 67 hari. Namun, optimal panen akan terjadi pada usia 88-99 hari dengan produktivitas cukup tinggi, yakni 2,4 ton per hektar. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata nasional 1,3 ton – 1,5 ton per hektar.

UGM bekerjasama dengan PT Unilever Indonesia Tbk dan dinas pertanian daerah setempat akan membangun unit kegiatan mandiri (UKM) petani untuk pembibitan kedelai. Keberadaan UKM ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan petani akan benih yang berkualitas.

Bagaimana pendapat Anda?

Sumber : “UGM Luncurkan Kedelai Hitam Mallika” Kompas, Selasa, 11 September 2007 halaman 13.