Google

Tuesday, September 18, 2007

Tahukah Anda?

Tomat Buah Populer yang Mampu Mencegah Kanker


Tomat merupakan buah paling populer di dunia.

Buah ini sering secara salah dikelompokan sebagai sayuran. Lebih dari 60 juta ton Tomat diproduksi per tahun, 16 juta ton lebih banyak dari pisang, buah popular nomor dua. Apel merupakan buah populer ketiga (36 juta ton), disusul jeruk (34 juta ton) dan semangka (22 juta ton).

Pertama kali Tomat ditanam pada 700 Masehi oleh suku Aztec dan Inca di benua Amerika. Para penjelajah sekembali dari Mexico membawaTomat ke Eropa tahun 1556.Orang Perancis menyebutnya sebagai “Apel Cinta’ sedangkan orang Jerman menyebutnya “Apel Surga”.


Tomat kaya vitamin A dan C, banyak mengandung serat dan bebas kolesterol. Berat rata-rata Tomat 148 gram dengan kalori sebesar 35 kcal.

Riset kedokteran terkini menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi Lycopene –-- bagian yang memberikan warna merah pada Tomat --- dapat mencegah kanker.

Lycopene bagian dari keluarga pigment yang disebut Karotenoid, yang merupakan senyawa alamiah yang memberikan warna pada buah dan sayuran. Beta karoten, misalnya, merupakan bagian pigmen oranye pada wortel. Sebagai asam amino esensial, senyawa ini tidak dihasilkan tubuh manusia. Lycopene merupakan antioksidan terkuat dari keluarga Karotenoid, sementara vitamin C dan E, melindungi manusia dari radikal bebas.

Nama ilmiah Tomat adalah lycopersicon lycopersicum yang arti harfianya “Peach Serigala”. Tomat masih satu kerabat dengan terung, cabai, cheery dan kentang. Ada sekitar 10.000 varietas Tomat di dunia ini.

Tomat yang dimasak memiliki konsentrasi Lycopene lebih tinggi dibandingkan Tomat mentah.
Sumber : Did You Know -Facts For Fun