Google

Thursday, September 13, 2007

Perspektif Masa Depan Penerapan Teknologi Nano di Farmasi

Topic : Academic

By Ari Satriyo Wibowo

Nanomedicine memiliki peluang global yang akan mengubah wajah pengobatan dan drug delivery system dalam 20 tahun mendatang. Hal itu diungkapkan Dr. Heni Rahmawati, Apt, MSi dari Research Group of Pharmaceutics , School of Pharmacy Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam Simposium Nanoteknologi beberapa waktu lalu.

Aplikasi yang sudah diterapkan , menurut wanita kelahiran Semarang 12 Desember 1969 ini, meliputi obat, drug delivery, terapi gen, terapi sel serta terapi dan diagnosis kanker. Teknologi nano menginspirasi pendekatan desain partikel dan formulasinya,sebuah perbaikan pemahaman dari proses fisiologi dan hambatan biologis pada sasaran obat maupun kegagalan unsur kimiawi menciptakan “saluran pipa” (ke dalam sel tubuh) , yang menyebabkan banyak perusahaan farmasi besar menghadapi masalah dalam membawa senyawa baru ke pasar. Hal itu mengindikasikan adanya masa depan cerah untuk memanfaatkan partikel nano sebagai obat farmasi.

Beberapa bagian dari presentasi Microsoft Powerpoint wanita yang meraih gelar PhD di Departement of Pharmacokinetics and Drug Delivery, Universitas Groningen, Belanda tahun 2005 dapat disimak di bawah ini. Bagaimana pendapat Anda? (ASW)