Google

Tuesday, September 18, 2007

Mengapa Mempertahankan Keunggulan Inovasi Penting bagi AS?

Topic : Government


AS menghadapi meningkatnya persaingan terhadap kepemimpinan ekonomi dan teknologinya di pasar global. Oleh karena itu, AS terus berupaya meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya untuk melakukan inovasi --- demi menciptakan produk baru dan memproses, memasarkan dan menciptakan industri-industri yang mampu mengubah dunia.

Semua itu bergantung pada tiga sumber-sumber kritis dan interdependent yakni :

1. Gagasan-gagasan kreatif yang mengalir dari perusahaan yang memiliki riset dasar kuat dan beragam
2. Pekerja-pekerja yang kreatif dan terlatih baik
3. Sebuah lingkungan yang mampu memfasilitasi inovasi untuk dibawa ke pasar

Hal ini penting bagi masa depan cerah ekonomi dan keamanan nasional AS dengan selalu memperbarui perhatian mereka pada R&D, ilmu pengetahuan dan pendidikan teknik dan kebijakan-kebijakan yang mendorong inovasi.

Bila AS ingin tetap diakui sebagai pemimpin inovasi dan ekonomi dunia maka AS mengembangkan strategi inovasi yang kuat , bergema dan menjangkau jauh ke depan di abad 21 ini.

Masyarakat Kimia AS (The American Chemical Society) sangat mendukung rekomendasi dari 3 (tiga) lembaga mengenai bagaimana AS harus merespon ancaman terhadap posisi kepemimpinan AS. Tiga lembaga itu adalah :

1.The National Academy (Akademi Nasional)
2. Council of Competitiveness (Lembaga Daya Saing Nasional)
3. The Task Force on the Future of American Innovation (Gugus Tugas bagi Masa Depan Inovasi AS)

The National Academies telah melaporan hal tersebut dalam buku berjudul Rising above the Gathering Storm: Energizing and Employing America for a Brighter Economic Future. Artikelnya telah dimuat di blog komunitas ABGNET pada Jum'at, 14 September 2007 dengan judul "AS Takut Kehilangan Daya Saingnya." (http://abgnet.blogspot.com/2007/09/as-takut-kehilangan-daya-saingnya.html)

The Council on Competitiveness juga telah melaporkannya dalam buku Innovate America ada tiga area krusial yang perlu dilakukan untuk melanjutkan sukses ekonomi AS.


• Talent (bakat / kemampuan) − dimensi manusia dari inovasi yang di dalamnya termasuk kreasi pengetahuan, pelatihan pendidikan dan dukungan pada pekerja.


• Investment (investasi) − dimensi keuangan termasuk investasi R&D, dukungan untuk pengambilan risikodan dorongan untuk strategi inovasi jangka panjang.

• Infrastructure (infrastruktur) − struktur fisik dan kebijakan yang mendukung inovasi


Masyarakat Kimia AS selanjutnya memrekomendasikan tiga langkah strategis sebagai berikut :

1. Strengthen Basic Research and Technology Development (Memperkuat Riset Dasar dan Perkembangan Teknologi)


2. Invest in People through Education and Training (Melakukan Investasi pada SDM melalui Pendidikan dan Pelatihan)


3. Strengthen the Environment for Business Innovation and Sustainability ( Memperkuat lingkungan bagi keberlanjutan inovasi bisnis)

Bagaimana pendapat Anda ? (ASW)