Google

Monday, September 24, 2007

Tahukah Anda?

The Aquada, Mobil yang Mampu Berjalan di Atas Air

Sebuah mobil dengan kapasitas 3 tempat duduk yang dapat berjalan di atas air siap diproduksi perusahaan Gibbs Technologies dari Inggris tahun 2008 dengan harga US$ 85.000 (sekitar Rp 782 juta). Pada tahun 2004 sebuah prototype dari mobil itu telah diuji coba Richard Branson, wirausahawan ternama Inggris, dan menjadi kendaraan amphibi tercepat yang pernah menyeberangi Terusan Inggris. Digerakkan dengan mesin V-6, the Aquada --- nama mobil
itu --- mampu melaju dengan kecepatan 175 kilometer per jam di darat dan berenang di air dengan kecepatan 50 kilometer per jam.

Pemilik perusahaan itu, Allan Gibbs, menginginkan untuk mengendarai mobilnya itu di pantai depan rumahnya di Selandia Baru yang sering terganggu ombak besar.

The Aquada akan diproduksi pula di AS dan beberapa negara lainnya. “Secara pribadi saya tidak tertarik untuk memproduksinya di Detroit,” ujar Gibbs sambil tertawa. Detroit adalah kota simbol industri otomotif AS dengan pabrik-pabrik mobil ternama Ford, General Motors dan Chrysler beroperasi di sana.

Allan Gibbs berharap bisa mempekerjakan 1.500 karyawan dan memproduksi 100.000 kendaraan dalam jangka waktu lima tahun. Waktu yang akan membuktikan apakah Gibbs bakal sukses. Yang jelas kemungkinan banyak penduduk kaya Jakarta yang nantinya ikut mengantri membeli untuk menghadapi banjir musiman di ibukota.

Sumber : The Economist Technology Quarterly September 8th , 2007