Google

Monday, April 7, 2008

Tahukah Anda ?


Sumber gambar :http://www.fairview.org/healthlibrary/content/cpr.gif

Cara Melakukan Nafas Buatan

CPR (Cardio Pulmonary Resuscitation) adalah teknik menekan dada secara berirama dan meniupkan udara ke dalam paru-paru. Tahap-tahap CPR adalah :

- Segera buka baju penderita dan baringkan penderita dalam posisi terlentang di tempat yang datar. Leher diganjal agar menengadah.
- Raba nadi lengan dan nadi leher untuk memastikan jantung masih berdenyut. Jika ragu, tempelkan telinga pada dada penderita. Cermati apakah terdengar bunyi denyut jantung . Bila pasti denyut sudah berhenti, pukul daerah jantung dengan tangan.
- Tekan dada pada daerah kiri-tengah dengan kedua telapak tangan yang ditumpangkan bersilang sebanyak sekitar 70 kali/menit. Tekanan harus kuat dan secara kuat dilepas.
- Dengan cepat meniup mulut penderita agar udara dipompakan ke dalam paru-paru. Gunakan alas sapu tangan sebagai penyaring, tiap kali meniup mulut penderita. Jepit hidung penderita dengan jari-jari tangan dan cegah kebocoran di sekitar bibir agar udara benar-benar masuk ke paru-paru. Teruskan CPR hingga penderita sadar atau hingga kedatangan tim penolong.

Sumber : Seri Gaya Hidup Sehat : Cara Bijak Hadapi Stroke, Jantung dan Pembuluh Darah