Google

Wednesday, April 2, 2008

Tahukah Anda ?



Scanner Portabel Ukuran Mini

Pada umumnya, scanner berukuran besar. Barang itu pun sulit diajak untuk mobile. Berat, besar, dan membutuhkan energi listrik menjadi faktor utama. Tapi, kini kita tak perlu khawatir. Sebab, sebuah perusahaan hardware bernama Planon telah memproduksi mesin portable scanning.

Lihat saja bentuknya yang imut. Alat yang diberi nama DocuPen RC800 ultra-portable color scanner tersebut sangat ringan. Hanya berbobot sekitar 2 ons. Bentuk fisiknya menyerupai pena. Memiliki ukuran sebesar 8,8 x 0,5 inci. Di balik bentuk yang mini itu, terdapat kemampuan yang maksimal.

DocuPen RC800 mampu melakukan scanning pada media berupa teks, foto, ataupun grafik. Proses membaca objeknya hanya dibatasi sesuai dengan ukuran. Maksimal, ia bisa membaca objek sebesar kertas A4. Resolusi yang diberikan mencapai 400 dpi. Juga, terdapat berbagai tombol pengaturan pada sisi sampingnya.

Di antaranya, tombol speed, black and white, 12 bit, 24 bit warna, high resolution, standard resolution, memori, dan level baterai. Jika kita melakukan proses scanning biasa (white scan-200 dpi), hanya dibutuhkan kapasitas sebesar 944 kb, sedangkan black and white scan-400 dpi (1,7 mb).

DocuPen RC800 tersebut menggunakan energi lithium ion battery. Untuk bisa melakukan proses scanning pada satu halaman, hanya dibutuhkan waktu sekitar 5-10 detik. Jika energinya habis, kita bisa mengisi ulang lewat kabel USB.

Scan portable itu juga dilengkapi dengan Scansoft Paperport SE dan Twain Drivers software. Dua software tersebut harus di-install pada PC sebagai penghubung antara DocuPen RC800 dengan komputer. Pengguna juga bisa meng-convert file scan dengan software tersebut.

Cara mengaktifkan alat itu sangatlah mudah. Setelah di-install ke dalam PC, kita scan objek dengan portable scan. Setelah itu, kita hubungkan DocuPen RC800 ke komputer dengan USB. Setelah terhubung, kita buka program Scansoft Paperport, kemudian mentransfer gambarnya. Selanjutnya, kita bisa mengubah format objek yang kita scan.

Planon menyediakan tiga varian untuk DocuPen RC800 ultra-portable color scanner tersebut. Kita dapat memperoleh portable scan dengan memori 8 mb seharga USD 299,99 atau Rp 2,9 juta. (dey/bs/kkn)

Sumber : Djawa Pos, 1 April 2008