Google

Wednesday, April 2, 2008

Al Gore Luncurkan Kampanye Iklim Senilai 300 Juta Dolar

Topic : Academic, Government

Al Gore, mantan wakil presiden Amerika Serikat (AS) sekaligus pemenang "Academy Award" dan peraih Nobel perdamaian, Senin, meluncurkan kampanye senilai 300 juta dolar yang akan berlangsung selama tiga tahun untuk menggerakkan warga Amerika agar peduli perubahan iklim.

"Kita bisa memecahkan krisis iklim, tetapi hal itu butuh perubahan besar dalam pendapat publik maupun keikutsertaan," kata Gore dalam pernyataan.

"Teknologinya tersedia, tapi para pemimpin yang kita pilih belum punya kemauan politik untuk mengambil tindakan tegas yang diperlukan. Jika politikus mendengar rakyat Amerika bersuara jelas dan tegas untuk berubah, mereka akan mendengar," kata Gore.

Gore yang sejak lama adalah aktivis lingkungan hidup, menjadi ketua Aliansi Perlindungan Iklim (Alliance for Climate Protection).

Aliansi tersebut meluncurkan kampanye lewat video berjudul "We" (kita) maupun lewat situs Web -- www.wecansolveit.org -- dan iklan televisi pada acara "American Idol", "House", dan "Law & Order."

Iklan pertama mempersamakan perang melawan perubahan iklim dengan tentara AS yang menyerbu pantai Normandy saat Perang Dunia II, dan perjuangan hak-hak sipil dengan usaha mendaratkan manusia di bulan.

"Yang berbeda tentang (kampanye) ini, untuk pertama kalinya, kita akan menggapai masyarakat umum lewat kehidupan sehari-hari, melalui televisi, media, organisasi warga...dan online," kata Cathy Zoi, direktur utama Aliansi tersebut, lewat telefon.

Zoi mengatakan bahwa pada akhirnya Amerika Serikat memerlukan undang-undang baru untuk membatasi emisi gas rumah kaca yang memacu perubahan iklim. "Tetapi terus terang saja, pada mulanya, kami ingin agar orang bergabung dengan gerakan ini."

Dia mengatakan 9 persen sampai 10 persen orang Amerika sudah siap dalam gerakan melawan perubahan iklim, dan 80 persen telah sadar mengenai masalah tersebut, demikian Reuters.(*)

Sumber : Antara News