Google

Tuesday, October 9, 2007

Ketika Riset Gene Targeting Meraih Nobel Kedokteran 2007

Topic : Academic

Mario R. Capecchi (University of Utah, AS) dan Oliver Smithies (University of North Carolina, AS) serta Martin J. Evans (Cardiff University, Inggris) secara bersama-sama dinyatakan meraih Nobel Kedokteran 2007 atas temuan mereka mengenai prinsip-prinsip untuk memperkenalkan modifikasi gen pada tikus dengan menggunakan embryonic stem cell.

Teknik dasar yang dikembangkan meliputi memperkenalkan fragmen DNA tertarget ke dalam embryonic stem cell tikus melalui proses yang disebut homologous rekombinant. Sel yang telah dimodifikasi tersebut kemudian disuntikkan ke embryo awal tikus pada fase blastosis yang kemudian di-implantasi ke tikus betina. Hasilnya berupa genetic chimera yang bisa dipasangkan dengan tikus normal untuk menghasilkan tikus yang telah termodifikasi gennya yang sering pula disebut sebagai tikus “knock out”.Perkembangan lebih lanjut dari teknik tersebut menghasilkan apa yang disebut teknologi “knock in” yang mampu menggantikan gen yang ada dengan lainnya atau memperkenalkan mutasi spesifik.

Gene targeting telah memproduksi lebih dari 50 modek tikus yang berbeda untuk menanggulangi penyakit yang diderita manusia seperti kardiovaskuler, penyakit neurodegenerative, diabetes dan kanker.

Gene targeting telah membantu untuk memahami peranan dari ratusan gen pada saat perkembangan fetal pada manusia. Riset Capecchi telah membuka selubung rahasia peranan gen dalam pembentukan organ pada mamalia dan keberadaan dari rencana tubuh. Hasil kerjanya mampu menerangkan penyebab terjadinya cacat bawaan sejak lahir.

Sementara itu, Evans menerapkan gene targeting untuk mengembangkan model-model pada tikus untuk keperluan mengatasi penyakit manusia. Ia mengembangkan beberapa model untuk mengatasi penyakit turunan cystic fibrosis dan telah menggunakan model ini untuk belajar mekanisme penyakit dan untuk menguji efek dari terapi gen.

Sedangkan Smithies memanfaatkan gene targeting untuk mengembangkan model pada penyakit turunan cystic fibrosis dan penyakit pada darah yakni thalassemia. Ia juga mengembangkan model tikus untuk mengatasi penyakit manusia lainnya seperti penyakit darah tinggi dan artherosclerosis.
Bagaimana pendapat Anda? (ASW)


Smithies

Evans


Capecchi

Sumber : Dikutip dari berbagai sumber termasuk dari www.nobelprize.org