Google

Monday, October 29, 2007

Dari Ajang Pesta Blogger 2007




Topic : Academic – Business- Government



By Ari Satriyo Wibowo



Sebuah pertemuan seperti ini pernah terjadi pada 28 Oktober 1908. Generasi baru sebuah bangsa pernah datang dari berbagai penjuru katulistiwa untuk berkumpul, duduk, bertatap muka dan melakukan janji bersama. Kami bangsa Indonesia mengaku berbangsa satu.



Hampir delapan puluh tahun kemudian, sebuah generasi baru kini pun tengah berjumpa. Berkumpul, duduk, bertatap muka dan berjanji untuk saling mengunjungi blog dan bertukar link. Ya inilah generasi Blogger Indonesia yang telah mengadakan pertemuan bertajuk Pesta Blogger 2007 “Suara Baru Indonesia” di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta pada Sabtu, 27 Oktober 2007 lalu. Acara tersebut diikuti sekitar 482 peserta dari seluruh Indonesia.



Menteri Negara Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh berkenan membuka acara tersebut sekaligus mencanangkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.



Menurut Mohammad Nuh kini bukan zamannya lagi ada pembatasan menulis dan berekspresi. Yang diperlukan saat ini adalah tulisan-tulisan yang mencerahkan dari para blogger Indonesia. Diungkapkan bahwa blogger Indonesia saat ini berjumlah sekitar 130.000 orang. Dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang 22o juta jumlah itu teramat kecil. Menkominfo mengharapkan pada tahun 2008 jumlah blogger di Indonesia dapat mencapai jumlah satu juta orang.



Depkominfo mendukung penuh setiap kegiatan blogger Indonesia. Setiap tahun akan diberikan Blogger Award yang akan diawali pada tahun 2008 sekaligus memperingati satu abad Kebangkitan Nasional.Mohammad Nuh juga meminta para blogger Indonesia menciptakan lagu dan syair “ Suara Baru Indonesia” untuk dijadikan “lagu kebangsaan” para blogger Indonesia.



Acara diskusi dipandu Wimar Witoelar dari Perspektif.com. Pesta Blogger 2007 yang pertama kali ini diikuti blogger dari berbagai kategori blog mulai dari online marketing & sales, current issues, teknologi, wanita, selebriti dan personal. Tidak ketinggalan para komunitas blogger dari berbagai kota seperti AnginMammiri dari Makasar, Angkringan dan Cah Andong dari Yogya, Loenpia dari Semarang, BBV dari Bandung, Go RanahMinang dari Padang, Tukang Lenong tuan rumah dari Jakarta, Blogfam, Komunitas Blogger Muslim, Merdeka, Multiply Indonesia, dan IDGMAIL. Penyelenggara acara ini adalah Bubu.com dan Maverick.



Bagaimana pendapat Anda? Ayo suarakan pendapat Anda via tombol komentar di bawah ini.