Google

Saturday, August 4, 2007

Mengenal Battelle Sebagai Perusahaan Global R&D Komersial

Topic : Business

By Ari Satriyo Wibowo


Dalam berbagai presentasi maupun pidato dr. Boenjamin Setiawan dari Kalbe maupun Bapak Menristek Kusmayanto Kadiman sering menyebut-nyebut nama BATTELLE sebagai narasumber data R&D global. Sesungguhnya apa saja yang dilakukan Battelle itu ?

Battelle tak lain adalah perusahaan global di bidang iptek yang mengembangkan dan mengomersialkan teknologi serta mengelola laboratorium bagi pelanggannya. Perusahaan yang berkantor pusat di Columbus, Ohio itu mengelola langsung dan tak langsung berbagai laboratorium nasional di AS dan negara lainnya. Memiliki sekitar 20.000 staf yang terdiri dari ilmuwan, insinyur dan pakar teknologi dan menangani proyek R&D sekitar USD 3,7 miliar setahun.

Battelle menawarkan solusi dan mengembangkan produk-produk inovatif untuk membantu dunia bisnis agar memiliki keunggulan kompetitif. Perusahaan ini juga bekerjasama dengan negara bagian federal AS serta lembaga pemerintahan lainnya untuk menyediakan iptek yang berbiaya terjangkau di bidang keamanan nasional, pertahanan, kesehatan, ilmu kehidupan, energi, transportasi dan lingkungan. Battelle menempati urutan ke -113 di Badan Paten dan Merek Dagang AS. Perusahaan ini menangani ribuan proyek riset dari lebih dari 2.000 perusahaan swasta dan badan pemerintah. Battelle memperoleh 140 hak paten pada 2005.

Perusahaan berawal dari Battelle (Memorial Institute) yang mulai beroperasi tahun 1929 di Columbus, Ohio. Didirikan Gordon Battelle untuk mengenang keluarganya yang merupakan perintis industri baja di AS.

Pusat-pusat teknologi Battelle tersebar di Columbus, Ohio ; Richland, Washington; Aberdeen, Maryland; Genewa, Swiss. Sedangkan fasilitas laboratorium khusus, pusat regional dan kantor perwakilannya tersebar di 100 kota lebih di seluruh dunia.

Hasil inovasi R&D Battele yang sudah dapat dinikmati orang antara lain : mesin fotokopi Xerox, compact disk, sikat gigi elektronik Sensonic, bar code produk, bola Golf, sistem batere canggih di pesawat pembom B-1B, sistem sonar NR-1 untuk kapal selam dan masih banyak lagi.

Selain itu, Battele menerbitkan laporan-laporan mengenai kegiatan R&D di seluruh dunia dan memprediksi mengenai tren teknologi dunia dalam beberapa tahun mendatang. Bagaimana pendapat Anda pembaca ?