Google

Saturday, June 7, 2008

Tahukah Anda?



Air Sebagai Pendingin Chip Komputer



By Deddy Sinaga

Peneliti IBM di Zurich Research Lab berhasil menemukan cara baru untuk mendinginkan chip komputer, yaitu dengan air. Untuk mengalirkan air, mereka membuat pipa mikro, yang menumpuk pada tablet silikon.

Chip terdiri dari formasi cerobong tiga dimensi yang menghasilkan lebih banyak jalan bagi informasi untuk diproses. Struktur ini juga memperpendek jarak penyampaian informasi 1.000 kali

Akan tetapi, cara semacam itu malah menghasilkan panas berlebihan. Untuk mengatasinya, tim peneliti IBM, disertai peneliti dari Institut Fraunhofer di Berlin, menciptakan sistem pendingin dengan pipa mikro dan air.

Pipa mikro itu berukuran hampir sama dengan sehelai rambut manusia atau 50 mikron. Agar tak terjadi hubungan arus listrik pendek, tiap pipa disegel dengan tembok silikon dan satu lapisan silikon oksida.

“Proses ini membuat kami bisa menyegel semua rangkaian, lalu kami bisa menggunakan air, yang lebih baik ketimbang pendingin lain,” kata Thomas Brunschwiler, peneliti senior dari IBM. (planetary gear/cnet)

Sumber : TempoInteraktif, Jum’at, 6 Juni 2008