Google

Friday, June 20, 2008

Kesehatan Mata dan Gangguan Penglihatan Pada Usia Lanjut






Topic : Academic

By Ari Satriyo Wibowo

Dengan bertambahnya usia akan terjadi kekenduran pada seluruh jaringan kelopka mata. Lensa mata bening mula-mula yang transparan kemudian menjadi keruh (katarak). Daya akomodasi yaitu daya mengembung dan memipihnya lensa juga berkurang. Akibatnya adaptasi terhadap gelap menurun dan secara keseluruhan tajam penglihatan juga menurun dimana terjadi kabur dekat, penyakit ini disebut dengan presbyopia. Untuk menjaga mata agar tetap bisa melihat dekat seperti membaca, menjahit dibutuhkan kaca mata positif (plus).

Mata sebagai organ penglihatan merupakan jalur informasi terpenting karena porsinya mencapai 83 persen. Sementar, telinga atau pendengaran(11 %), hidung atau penciuman (3,5 %), kulit atau perabaan (1,5 5) dan lidah atau pengecap (1 %).

Sedangkan penyerapan informasi yang diperoleh dari membaca sebesar 10 persen. Mendengar (20%), melihat (30%), melihat dan mendengar (50%), berbicara (70 %) dan berbicara dan melakukan (90%).

Menurut Dr. Tjahjono D. Gondowiardjo, Sp M (K), dari PP Perdami pada presentasi di Seminar Lanjut Usia Sehat dan Mandiri, Selasa (17/6) lalu, ada korelasi positif antara kemiskinan dan tingkat kebutaan di kalanagan lanjut usia. Berdasarkan survei yang dilakukan di Jakarta maka prevalensi buta katarak di daerah Kebon Jeruk yang masyarakatnya relative makmur hanya 1 persen sementara di daerah Pulo Gadung mencapai 4 persen. Adapun penyebabnya 23 % karena ketidaktahuan, 10 % ketidakpedulian dan 20 % karena ketidakberdayaan. Sedangkan kombinasi ketidakpedulian dan ketidakberdayaan mencapai 16,7 %.

Adapun faktor resiko utama buta katarak adalah faktor lingkungan sosial ekonomi yang terdiri dari kondisi gizi buruk, kekurangan vitamin A, menderita diabetes dan penyakit parasit.

Diperlukan empat langkah nyata untuk mencegah masyarakat khususnya kaum lansia dari kebutaan katarak yakni Perhatian (Awareness) , Pengertian (Understanding) , Empati Masyarakat (Public Emphaty) dan Komitmen Nasional (National Commitment).

Bagaimana pendapat Anda?