Google

Tuesday, June 10, 2008

Mengenal Fasilitas Rawat Inap Terpadu Gedung A RSCM



Topic : Government

Dalam rangka peringatan 100 tahun Hari Kebangkitan Nasional RSCM kini memiliki Gedung Pelayanan Rawat Inap terpadu yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 7 Mei 2008 lalu.

Pelayanan rawat inap terpadu merupakan intergrasi 9 Bagian di RSCM, yaitu; Kebidanan & Kandungan, Bedah, Bedah Saraf, THT, Penyakit Dalam, Anestesi, Mata, Kulit dan Kelamin, dan Geriatri. Dengan didukung oleh peralatan dan fasilitas modern, seluruh kebutuhan pasien diupayakan semaksimal mungkin dilayani dalam satu atap.

Gedung rawat inap terpadu A (public wing) memiliki 8 lantai, terdiri dari 169 kamar rawat, dengan total kapasitas 900 tempat tidur, menjadikan Public Wing sebagai unit rawat inap terbesar di Indonesia.

Anggaran pembangunan gedung rawat inap terpadu A berasal dari dana APBN 2006 dan 2007 sebesar Rp109 miliar dan dana Pendapatan Negara Bukan Pajak-Badan Layanan Umum RSCM sebesar Rp14 miliar.

Sebagai bagian dari rumah sakit umum pusat nasional, gedung public wing RSCM memiliki keunggulan dari aspek kualitas sumber daya manusia baik dokter spesialis, perawat, dan tenaga ahli lainnya. Profesi berbagai disiplin ilmu kedokteran siap melayani pasien dengan kemampuan terbaik yang dimilikinya. Selain itu gedung ini memiliki fasilitas pelayanan laboratorium, farmasi, unit pelayanan gizi, radiologi, ruang operasi, rehabilitasi medik, billing center dan rumah singgah.

Pelayanan terpadu ini juga didukung oleh manajemen rumah sakit yang berbasis komputerisasi. Manajemen klinik maupun finansial pelayanan pasien dirangkum dalam satu kesatuan sistem informasi terintegrasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Menkes Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp. JP (K) dalam sambutannya dalam peresmian public wing itu menyatakan, pembangunan gedung ini merupakan satu wujud komitmen peningkatan mutu pelayanan rawat inap dengan pelayanan yang terstandarisasi bertaraf internasional. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk merealisasikan arahan Presiden pada Rapat Terbatas Bidang Kesehatan Tahun 2007 yang lalu, yaitu untuk mengembangkan ”World Class Hospital”.