Google

Friday, June 6, 2008

Tahukah Anda ?



Sumber gambar : http://www.dkimages.com/discover/previews/741/117081.JPG

Inspirasi "Original" Sebagai Kunci Sukses Seorang Wirausahawan


Salah satu kunci sukses dalam memulai usaha atau menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah inspirasi yang asli (original) dan dalam hal ini adalah suatu strategi dalam menemukan peluang. Ada dua faktor utama timbulnya inspirasi , yaitu insting dan intuisi. Mungkin kedua hal ini tampak sama dalam arti, yaitu naluri atau ketajaman membaca situasi, tetapi sebenarnya kedua hal ini mempunyai tujuan yang sama, namun berbeda dalam hal cara atau sumber inspirasinya.

Insting adalah suatu naluri menganalisis suatu kejadian yang pernah dialami seseorang untuk memprediksi kejadian yang akan datang atau yang akan terjadi berikutnya. Intuisi memiliki tujuan yang sama, yaitu memprediksi kejadian-kejadian yang akan datang namun berdasarkan kejadian yang belum dialami (indra keenam).

Jadi yang sering digunakan di dunia bisnis adalah keduanya. Sumber inspirasi dalam entrepreneurship adalah :

1.Kesulitan orang atau masalah sehari-hari.
2.Ketiadaan atau kelangkaan.
3.Keinginan yang kuat akan sesuatu yang lebih baik (keprihatinan)
4.Mimpi atau cita-cita yang “ aneh”
5.Harapan dari anak kecil.
6.Pikiran yang terkadang “gila”
7.Desakan untuk bertahan hidup dari sekeliling Anda.
8.Kebutuhan yang terus-menerus belum terpenuhi.
9.Rutinitas yang menjemukan.
10.Permintaan pelanggan.

Berikut contoh inspirasi --- yang selalu diawali dengan pertanyaan “mengapa?”

1.Wright bersaudara penemu pesawat terbang : menemukan inspirasi dari keinginan mereka untuk bisa terbang, Gagasan mereka timbul dari mainan kipas dari karet yang bisa terbang. Inspirasi muncul dari burung yang terbang.

2.Thomas Alfa Edison dan bola lampu : menemukan inspirasi dari kesukaannya meneliti, membaca dan mencoba. Gagasan membuat telegram otomatis timbul karena ia harus berjaga selama 24 jam dan masalah yang timbul adalah mengantuk. Ia juga terinspirasi oleh lamanya menghitung suara pemilu tahun 1868 sehingga timbullah ide untuk membuat mesin hitung suara. Terinspirasi oelh telegram dan telepon maka Edison membuat alat perekam suara. Kemudian, lampu Edison terinspirasi oelh kelemahan lampu listrik yang menimbulkan asap beracun dan tidak bisa dinyalakan atau dimatikan secara otomatis.

3.Hukum Newton : terinspirasi dari buah Apel yang jatuh dari pohon.

4.Henry Ford dengan mobil massalnya terinspirasi oleh harga yang mahal karena produknya terbatas, maka dibuatlah produksi massal untuk mobil.

5.Bill Gates dan Microsoft yang menguasai 80 % pasar peranti lunak komputer, terinspirasi oleh kesulitan orang untuk memiliki sistem operasi yang lebih kompatibel selain IBM dan Apple.

Sumber : Hendro dan Chandra, "Be A Smart and Good Entrepreneur", CLA Publishing UBinus, Jakarta, 2006