Google

Friday, March 14, 2008

Sel Punca untuk Terapi Penyakit Stroke


Sumber gambar :http://www.imb.sinica.edu.tw/~Hungli/imgs/figure.jpg

Rats with right middle cerebral artery (MCA) ligation receiving subcutaneous G-CSF showed less cerebral infarction and greater improvement in motor and sensory performance than vehicletreated controls. Our study indicates that increases in bone marrow cell mobilization and targeting to the brain can reduce the volume of cerebral infarction and improve neural plasticity and vascularization. G-CSF aided stimulation of autologous stem cell engraftment might offer clinicians a novel strategy for neuronal repair in stroke and other neurodegenerative diseases.

Topic : Academic

Stroke menyebabkan kerusakan syaraf permanen pada otak sehingga seseorang yang terserang penyakit ini biasanya sulit untuk berbicara atau bergerak. Menyambung kembali syaraf yang rusak akibat stroke merupakan usaha yang sulit untuk dilakukan. Penelitian dengan menggunakan sel punca memberi kemungkinan untuk penyembuhan penyakit ini.

Peneliti dari University of Minnesota, Departemen Neurosurgery dan Stem Cell Institute melaporkan hasil penelitiannya pada bulan Maret 2002 tentang kemampuan adult stem cell dalam menyembuhkan stroke pada binatang. Sel punca yang digunakan dalam penelitian ini diisolasi dan dikembangkan dari sumsum tulang manusia dewasa, kemudian ditransplantasikan pada tikus yang mengalami stroke iskemik pada otaknya. Transplantasi sel punca ini dilakukan pada hari ke tujuh setelah tikus diidentifikasikan menderita stroke iskemik pada otaknya. Sebelum mendapatkan transplantasi, tikus yang menderita stroke iskemik tersebut tidak dapat menggerakkan kaki depan dan kaki belakangnya. Dalam waktu satu minggu setelah mendapatkan transplantasi dengan adult stem cell, tikus tersebut sudah dapat menggerakkan kaki-kakinya.(Science Daily, 2005).

Sumber : “Prospek Dan Tinjauan Bioetika : Pengembangan Teknologi Kloning Sel Punca untuk Terapi di Bidang Kedokteran”, diterbitkan Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Jakarta, 2007