Google

Tuesday, March 25, 2008

Sel Punca untuk Terapi Osteoarthritis



Sumber gambar : http://www.southwest-ortho.com/images/osteoarthritis.jpg

Topic : Academic


Osteoarthritis merupakan penyakit yang sering diderita oleh orang tua, tetapi anak-anak dan orang dewasa juga mungkin dapat menderita penyakit ini. Gejala penyakit osteoarthritis yang biasa dirasakan penderita adalah timbulnya rasa nyeri pada lutut, bahu, dan berbagai persendiaan terutama bila dilakukan pergerakan.

Penelitian tentang manfaat sel punca untuk terapi penyakit osteoarthritis ini pertama kali dilaporkan oleh Dr. Hollander dan kawan-kawan dari Universitas Bristol, Inggris.

Sel punca yang digunakan berasal dari mesenchymal stem cell yang diperoleh dari sumsum tulang penderita osteoarthritis itu sendiri. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa sel punca dapat membentuk tulang baru dengan berat paling sedikit 5 kali berat sel punca yang ditransplantasikan. Hal ini membuktikan bahwa sel punca yang diambil dari penderita osteoarthritis dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya (Kafienah et al, 2007). Pengembangan terapi menggunakan sel punca pada penyakit ini memberi harapan baru terhadap penyembuhan penyakit osteoarthritis.

Sumber : “Prospek Dan Tinjauan Bioetika : Pengembangan Teknologi Kloning Sel Punca untuk Terapi di Bidang Kedokteran”, diterbitkan Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Jakarta, 2007