Google

Wednesday, March 26, 2008

Rite Aid, Jaringan Apotek Terbesar Ketiga di AS yang Ekspansif

Topic : Business

Rite Aid berdiri pertama kali pada September 1962 dengan nama Thrif D Discount Center di Scranton, Pennsylvania, AS. Namanya berubah menjadi Rite Aid Corporation pada tahun 1968 ketika perusahaan itu melakukan penawaran saham perdana di American Stock Exchange. Pada 1970, Rite Aid berpindah ke bursa saham New York.

Pada bulan Januari 1999, Rite Aid melakukan aliansi strategis dengan General Nutrition Company, Inc (GNC), toko pengecer terbesar dalam hal vitamin, makanan tambahan, nutrisi olahraga dan produk herbal. Kerjasama ini membuat GNC menjadi “ toko dalam toko” bagi apotek Rite Aid di seluruh pelosok negeri Paman Sam. Rite Aids dan GNC juga memasarkan produk vitamin dan mineral lainnya yang diberi label PharmAssure yang dijual gerai apotek Rite Aid dan GNC.

Dalam rangka mengokokohkan kehadirannya di dunia maya , Rite Aid sejak Juni 1999 bekerjasama dengan pemain bisnis apotek via internet drugstore.com yang menjajakan secara online produk kesehatan, kecantikan dan farmasi. Melalui aliansi tersebut, pelanggan Rite Aids dapat memesan resep via Internet melalui drugstore.com dengan layanan antar pada hari yang sama melalui apotek Rite Aid.

Pada tahun 2003 Rite Aid membuka gerai “Customer World” pertama yang dirancang tahun 2004. Perusahaan berencana membuka 1000 gerai baru dan merelokasi toko-toko lainnya dalam waktu lima tahun. Desain baru tersebut, dibuat berdasarkan umpan balik dari pelanggan, memposisikan farmasi sebagai “bintang” dan tampilan produk diperbarui serta navigasi toko yang tampak lebih professional dengan tambahan ruang konsultasi farmasi. Di ruang tersebut pasien memperoleh bimbingan langsung dari seorang ahli farmasi.

Inisiatif pertumbuhan Rite Aid antara lain difokuskan pada kesehatan pasien dan program kebugaran seperti kesehatan jantung dan kulit, pendidikan mengenai vitamin dan alergi, manajemen berat badan dan diabetes, termasuk meluncurkan produk-produk private label (produk buatan apotek sendiri) serta program promosi musiman yang efektif. Salah satu sukses Rite Aid adalah menggaet kaum lanjut usia. Jumlah lansia yang telah terdaftar melalui program Rite Aid mencapai 2,6 juta orang.

Pada 4 Juni 2007, Rite Aid membeli jaringan apotek Brooks and Eckerd, menciptakan jaringan apotek terbesar di Pantai Timur. AS sekaligus memperkokoh posisinya sebagai jaringan apotek terbesar ketiga di AS setelah Walgreens dan CVS dengan 5000 apotek di 31 negara bagian dengan pendapatan tahunan mencapai US$ 27 miliar. Lebih dari 1800 apotek yang baru diakuisisi akan diganti namanya menjadi Rite Aid yang diperkirakan akan memerlukan waktu sekitar 16 bulan.

Bagaimana pendapat Anda?