Google

Friday, May 16, 2008

Tahukah Anda ?


Avian Virus dapat dicegah, bagaimana dengan Avian-human pandemic reassortant virus?



Magna Legionella-X , Disinfektan yang Mampu Redam Pandemi Flu Burung


By Wuragil

Magna International, perusahaan kimia yang berpusat di Singapura, menawarkan produk disinfektan untuk meredam penyebaran virus flu burung di Indonesia. Dikembangkan 4,5 tahun lalu disinfektan bernama dagang Magna Legionella-X itu terbukti lewat pengujian di laboratorium Institut Pertanian Bogor mampu membasmi virus H5N1 hingga seratus persen.

“Ini upaya kami untuk membantu individu, rumah sakit dan peternak ayam untuk mengendalikan pandemi,” kata Nelson Cheng, CEO Magna International Pte Ltd Singapore, dalam keterangan persnya awal pekan ini.

Berbeda dengan antiseptik yang dipakai pada mahluk hidup, disinfektan digunakan untuk benda mati. Contohnya, untuk membersihkan kandang-kandang. Dengan menyemprotkan Magna Legionella-X dalam kemasannya yang mudah dibawa-bawa, Nelson berharap rantai penularan virus mematikan H5N1 bisa diputus.

Agus Setiyono, ahli patologi di Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor menyatakan kalau proses pengujian yang dipimpinnya adalah prosedur standar sebuah produk untuk bisa dipasarkan di Indonesia. “Hasilnya akan dilampirkan untuk mendapatkan nomor registrasi dari Departemen Pertanian,” katanya sore tadi sambil memastikan independensi institutnya.

Khusus pengujiannya disinfektan dari Magna, Agus menerangkan, dilakukan di Unit Pelayanan Mikrobiologi Medik Terpadu, Bagian Mikrobiologi Medik, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, FKH-IPB. Media yang digunakan adalah Telur Embrio Tertunas.

Telur-telur itu berperan menerima disinfektan yang sudah dibubuhi isolat virus dari Tasikmalaya 2005. Hasilnya teramati kalau disinfektan mampu membunuh virus dengan cara membobol membran sel virus dan membuat isinya termuntahkan. Tidak ada sel virus yang bisa bertahan.

Sumber : TempoInteraktif, Kamis, 15 Mei 2008