Google

Wednesday, May 14, 2008

Dr. Leroy Hood : Dari Reactive Medicine Menuju ke P4 Medicine








Topic : Academic, Business, Government

By Ari Satriyo Wibowo


Selama ini Reactive Medicine yaitu menunggu sampai seseorang menderita sakit terlebih dahulu baru diobati masih mendominasi praktik kesehatan di dunia. Namun dengan adanya Proyek Human Genome hal itu telah mendorong terjadinya perubahan mendasar dalam bidang biologi dan kesehatan. Hal itu dikemukakan Dr. Leroy Hood, Presiden Instute for System Biology dari Seattle, AS dalam Keynote Speaker peresmian MRIN berjudul “From Reactive Medicine To An Emerging Medicine That Is Predictive, Personalized, Preventive and Participatory”, Senin lalu.

Perkembangan teknologi pengukuran misalnya blood protein biomarker, nanoteknologi dan mikrofluida berupa pengukuran protein darah dan analisis sel tunggal. Berkembangnya alogaritma matematika telah menjadikan teknologi informasi kesehatan makin maju. Hal itu telah menjadikan biologi menjadi ilmu pengetahuan informasi. Semua itu menjadikan kesehatan dalam 5 -20 tahun mendatang makin mudah diperkirakan (predictive), dicegah (preventive), diterapkan secara pribadi (personalized) maupun dengan cara partisipasi (participatory) atau dikenal sebagai P4 Medicine. Alhasil, semua itu membuat fokus kesehatan nantinya lebih kepada menjaga kebugaran tubuh dibandingkan memberantas penyakit.

“Didukung dengan teknologi pengukuran dengan memanfaatkan nanoteknologi dan teknologi visualisasi serta perhitungan matematis maka P4 Medicine akan berkembang pesat dalam 10-20 tahun mendatang, “ ujar Dr. Leroy Hood.

Prediktif diperoleh melalui probabilitas sejarah kesehatan dengan menggunakan DNA sequence, penerapaan biannual multi parameter pada pengukuran protein darah serta teknologi pencitraan molekul sel tunggal.

Personal diperoleh sebagai akibat adanya keunikan variasi genetik yang menyebabkan setiap orang harus mendapat perlakukan khusus. Pasien berhak memperoleh segala informasi medis dan mengendalikan sesuai kehendak hatinya.

Preventif diperoleh melalui strategi-strategi baru untuk merekayasa perilaku penyakit .

Partisipasif diperoleh melalui pemahaman dan partisipasi pasien terhadap pilihan kesehatan.

Pada akhirnya, P4 Medicine akan mampu mengurangi biaya kesehatan. Bagaimana pendapat Anda?