Google

Saturday, July 28, 2007

Mengenal Bastyr University, Universitas Hibrida Allopathy dan Naturophaty


Topik : Academic

Di akhir pekan biasanya orang melewatkan waktu untuk kegiatan santai bersama keluarga. Tidak sedikit di antara kita yang memanfaatkan akhir pekan untuk mencoba obat-obatan herbal alamiah, menikmati pijat kesehatan dan pelbagai pilihan pengobatan oriental lainnya.

Tahukah Anda bahwa di luar negeri seperti di Jerman, Inggris dan Amerika Serikat (AS) selain terdapat dokter Allopathic yang meresepkan obat-obatan farmasi untuk para pasiennya, di sana dikenal pula dokter Naturopathic yakni profesi dokter pengobatan alamiah yang meresepkan herbal untuk para pasiennya. Mereka lazim disebut Naturopathic Doctor (ND). Mereka memperoleh pendidikan kedokteran Naturopathy dari institusi pendidikan resmi dan diakui keberadaannya oleh pemerintah setempat.

Salah satu universitas di AS yang terkenal sebagai penghasil herbalis dan dokter Naturopathic adalah Bastyr University. Semula sekolah tersebut berdiri pada 1978 dengan nama John Bastyr College of Naturopathic Medicine pada tahun 1978 di Seattle, Washington, AS. Pendirinya ada empat orang yakni Sheila Quinn, Joseph Pizzorno, ND, LM; William Mitchell, ND; dan Les Griffith, ND, LM. Namanya diambil dari nama John Bastyr, ND, DC (1912-1995), seorang dokter naturopathic yang memelopori pengobatan naturopathic di wilayah Seattle pada tahun 1960-an.

Kemudian pada tahun 1984 namanya berubah menjadi Bastyr College dan berganti lagi menjadi Bastyr University pada 1994 ketika mulai banyak program program sarjana dan pasca sarjana yang ditawarkan.

Bastyr University merupakan salah satu dari enam sekolah kedokteran naturopathy yang memperoleh akreditisasi dari Northwest Commision on Colleges and Universities sejak 1989 untuk menyelenggarakan pendidikan S1, S2 dan S3.

Bastyr menawarkan pendidikan Naturopathic Medicine (S2), Accupunture and Oriental Medicine (S1 dan S2), Nutrition (S1 dan S2), Herbal Science (S1), Health Psychology (S1) dan Exercise Science and Wellness (S1 dan S2). Sebagai contoh untuk meraih gelar di bidang Herbal Science seseorang mahasiswa dipersyaratkan untuk menyelesaikan 45 SKS yang terdiri antara lain pelajaran Kimia Organik, Anatomi dan Fisiologi, Ilmu Herbal, Biokimia, Identifikasi Tumbuhan, Farmakologi (Ilmu Khasiat Obat), Etnobotani, Botani Lanjutan, Kontrol Kualitas serta Interaksi Herbal dan Obat.

Sedangkan, Leadership Institute of Seattle yang merupakan bagian dari Bastyr University School of Applied Behavioral Science yang menawarkan pendidikan S2 di bidang mental health counseling and leadership/organizational development.

Pada tahun 1996, Bastyr pindah ke lokasi sekarang yakni di Saint Thomas Center, sebuah bangunan seminari tua yang berlokasi di lembah Inglewood-Finn yang bertetangga dengan wilayah Kenmore, Washington.

Bastyr mengoperasikan pula sebuah klinik pengobatan alamiah atau herbal yang diberi nama Bastyr Center for Natural Health di wilayah Wallingford, Seattle. Klinik ini menawarkan pengobatan alamiah, akupuntur dan pengobatan oriental yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan pasien.

Wah, tentu saja sebuah pengalaman pengobatan baru yang dapat menjadi saingan bagi pengobatan farmasi di masa depan.

Bagaimana pendapat Anda sebagai pembaca awam? (ASW)