Google

Wednesday, July 2, 2008

Tahukah Anda ?





Telepresence, Temuan Baru untuk Presentasi Jarak Jauh

Salah satu hasil kemajuan teknologi adalah hilangnya penghalang jarak. Telepon dan SMS membuat orang di lain tempat dapat saling berhubungan. Teknologi itu semakin berkembang. Salah satu hasilnya adalah adanya telepresence. Inovasi tersebut memungkinkan seseorang berinteraksi dengan bertatap muka. Tidak hanya wajah, tapi juga full body. Jadi, layaknya ketemu langsung.

Teknologi itulah yang ditawarkan DVE (Digital Video Enterprises), perusahaan yang kerap menangani konferensi untuk kepentingan bisnis. DVE membuat beberapa alat berbasis telepresence. Yaitu, DVE Telepresence Stage, DVE Huddle Room 70, dan DVE Telepresence Podium.

Ketiga rancangan tersebut mempunyai dasar operasi berbeda. DVE Telepresence Stage dapat menampilkan lawan bicara dalam bentuk full body. Proyeksi lawan bicara ditampilkan pada sebuah layar khusus.

Objek proyeksi pada DVE Telepresence Stage juga dapat berlaku fleksibel. Termasuk, jalan-jalan mengitari space virtual berdimensi 3D itu. DVE menggunakan dua metode dalam mengembangkan alat tersebut. Yaitu, memakai reflektif film yang merefleksikan layar langsung atau di bawah panggung. Metode lain menggunakan semi-rigid dimensional transparent projection screen. Metode itu digunakan pada rancangan terbaru.

DVE Telepresence Stage menggunakan layar transparan yang unik untuk telepresence. Memungkinkan gambar objek tampil di tengah ruangan. Tidak dalam flat screen.

Dalam beberapa tahun lalu, juga terdapat alat berkemampuan serupa. Namun, perangkat tersebut mempunyai konstruksi dan sistem proyeksi yang kompleks. Sangat tidak praktis dalam penerapan. Beda dengan DVE Telepresence Stage. DVE mengeliminasi semua itu. Meskipun tampak rumit, pemasangan alat tersebut terbilang simpel.

Produk DVE yang lain adalah DVE Telepresence Podium. Alat itu adalah sebuah podium atau mimbar. Bedanya, pembicara dapat digambarkan hadir dan berdiri di situ. Padahal, dia sedang berada di tempat lain.

Komponen utama alat tersebut adalah DVE eye contact solution. Perangkat itu digunakan pembicara yang berada di lain tempat. Jadi, dia berbicara menghadap eye contact solution. Selanjutnya, ditampilkan secara virtual dengan eye contact yang terdapat pada alat.

The DVE Telepresence Podium juga bisa menampilkan presentasi gambar dalam bentuk 3D. Gambar bisa digerakkan sesuai kebutuhan. Nyamannya, alat tersebut tidak memerlukan pemasangan khusus. Misalnya, setting tempat atau cahaya tertentu.

DVE Hunddle Room mempunyai karakter serupa dengan DVE Telepresence Stage. Alat tersebut juga banyak digunakan untuk pertemuan. Saat proses telepresence, ia menggunakan eye level camera.

Sumber : Jawa Pos, 1 Juli 2008